STUDI ETNOMATEMATIKA DI KALANGAN PETANI DESA KELIR KECAMATAN KALIPURO

  • Ikrimah Ikrimah Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas PGRI Banyuwangi
  • Miftachul Rahmi Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas PGRI Banyuwangi
  • Randhi N. Darmawan Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat kebiasaan-kebiasaan yang dikembangkan, yang disebut sebagai budaya. Budaya yang dijalani atau dikembangkan dalam masyarakat seringkali memuat konsep-konsep matematika, dan hal itu tidak disadari oleh masyarakat yang menjalani. Hal ini dikenal sebagai etnomatematika. Etnomatematika merupakan suatu kajian yang menarik karena bersifat mengeksplorasi budaya dan menentukan kaitan-kaitan konten budaya tersebut dengan konsep-konsep matematika. Salah satu kegiatan yang menjadi bagian dari hidup mayoritas  masyarakat di Indonesia, utamanya di Banyuwangi, adalah bertani. Dalam kegiatan bertani, terdapat istilah-istilah yang menjadi satuan tertentu serta perhitungan-perhitungan terkait kebutuhan bibit, pupuk, air, dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan pada kegiatan pertanian di desa Kelir, kecamatan kalipuro, kabupaten Banyuwangi. Responden ditentukan dengan metode purposive sampling dan untuk pengumpulan data digunakan metode observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan petani di desa Kelir, kecamatan Kalipuro, kabupaten Banyuwangi memuat konsep-konsep matematika berupa satuan tertentu dan perbandingan.

References

Ngiza, Lila N., Susanto.,&Lestari, NurcholifDiah S. (2015). Identifikasi Aktivitas Etnomatematika Petani Pada Masyarakat Jawa di Desa Sukoreno [Online]. Tersedia: http://unej.ac.id/handle [tanggal 15 April 2016].

Permadi ,Aditya. (2014) Cara Menanam Padi: Pelajari 8 Metode tanam Padi. [Online]Tersedia http://www.infoagribisnis.com/2014 [tanggal 23 April 2016].

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi etnomatematika masyarakat sidoarjo [Versi Elektronik]. MATHEdunesa, 1(1).

Raharjo, Marsudi. (2013). PengertianPerbandingan.Tersedia http://alumnip4tk.files.wordpress.com/2013 [tanggal 23 April 2016].

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika diselenggarakan pada 9 November 2013. Yogyakarta: JurusanPendidikanMatematika FMIPA UNY.

Wibowo, Wahyu Hendro. (2016). Pengertian Sawah Beserta Macam-macamnya. [Online]. Tersedia: http://www.naysira.com/2016/01/pengertian-sawah-beserta-macam-macam.html[tanggal 23 April 2016].

Published
2017-07-26
How to Cite
IkrimahI., RahmiM., & DarmawanR. N. (2017). STUDI ETNOMATEMATIKA DI KALANGAN PETANI DESA KELIR KECAMATAN KALIPURO. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/transformasi/article/view/102
Section
Artikel