HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN KARIR DAN KEMATANGAN KEJURUAN DENGAN MOTIVASI BEKERJA PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DI SMK PGRI JAJAG BANYUWANGI

  • Saman Mohammad Guru MAK Ihya Ulumidin Banyuwangi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan bimbingan karir dengan motivasi bekerja, (2) hubungan kematangan kejuruan dengan motivasi bekerja, (3) hubungan bimbingan karir dengan kematangan kejuruan, dan (4) hubungan bimbingan dan karir kematangan kejuruan dengan motivasi bekerja.

Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK di Banyuwangi, sampel penelitian diperoleh 90 siswa melalui teknik sampling proporsional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI Jajag. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data dengan kuesioner. Metode yang digunakan oleh peneliti menggunakana metode ex post facto. Teknik analisis yang digunakan peneliti adalah teknik analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) variabel bimbingan karir sebagian besar (81,1%) termasuk kelompok tinggi, variabel kematangan kejuruan sebagian (61,1%) termasuk kelompok cukup dan variabel motivasi bekerja sebagian (74,4%) termasuk kelompok cukup, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan karir dengan motivasi bekerja pada siswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,315, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kematangan kejuruan dengan motivasi bekerja pada siswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,302, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan karir dengan kematangan kejuruan pada siswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,252, (5) terdapat hubungan yang signifikan antara bimbingan karir dan kematangan kejuruan secara bersama-sama dengan motivasi bekerja pada siswa ditunjukkan dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,390.

Published
2019-11-30
How to Cite
MohammadS. (2019). HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN KARIR DAN KEMATANGAN KEJURUAN DENGAN MOTIVASI BEKERJA PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DI SMK PGRI JAJAG BANYUWANGI . SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(2), 122-133. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/894