HUBUNGAN PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISIWA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 BANYUWANGI
Abstract
Pada masa remaja seorang mengalami berbagai permasalahan, salah satunya kurangnya kemampuan dalam mengendalikan diri, maka perilaku negatif bisa muncul pada masa remaja. Perilaku negatif tersebut adalah perilaku agresi, munculnya perilaku agresi bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya kurangnya kontrol diri yang dimiliki. Adapun yang menjadi Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Adakah hubungan Pemberian Penguatan (Reinforcement) terhadap Motivasi Belajar Pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? Adakah hubungan Pemberian Penguatan Positif (Positive Reinforcement) Pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018?, Adakah hubungan Pemberian Penguatan Negatif (Negative Reinforcement) terhadap Motivasi Belajar pada siswa SMP Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? Dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode analisa data statistik dengan rumus Product Moment dan obyek yang di teliti adalah seluruh siswa kelas VIII sejumlah 311 siswa, sedangkan penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Proporsional Random sampling. Sehingga ditentukan responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyuwangi yang diperoleh dari tabel didapatkan sebanyak sampel 60 siswa. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode angket, dokumenter, dan metode interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Ada Hubungan Pemberian Penguatan (reinforcement) dengan Motivasi Belajar Pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018 sebesar 0,964 dengan r tabel 5% sebesar 0,254 dan 1% sebesar 0,330.