EFEKTIFITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA

  • Mulyanto I Wayan Dinas Sosial Kabupaten Jemberana Bali

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan saat peneliti melakukan praktek mengajar di SMP Negeri 1 Licin, serta hasil dari sosiometri yang telah dilakukan saat praktik mengajar disana ada beberapa anak mereka selalu mendapat peringkat dikelasnya dan mendapat nilai yang bagus tetapi mereka jarang dipilih untuk diajak belasar kelompok, serta informasi dari guru BK bawasannya mreka jarang bersosialisasi dan cenderung pendiam. Pertanyaan peneliti ini adalah Efektifitaskah teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII B SMP Negri 1 licin semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Disni peneliti melakukan 2 kali penyebaran  angket, angket pertama disebarkan  sebelum melakukan bimbingan kelompok, setelah penyebaran angket pertama diketahu hasilnya peneliti membagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol setelah dibagi 2 kempok dilakukan bimbingan kelompok sebanyak 8 kali pertemuan setelah menyelesaikan 8 kali pertemuan peneliti menyebar angkaet untuk ke 2 kalinya. Setelah mendapatkan hasil peneliti meghitung menggunakan manual dan SPSS untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri siswa.Kesimpulan hasil penelitian ini adalah efekti teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa kelas VIII B SMP Negri 1 Licin semester genap tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Penggunaan teknik sosiodrama dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, mengingat bahwa masalah percayadiri berkaitan dengan pencapaian prestasi siswa disekolah. (2)   Penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama akan lebih efektif apabila konselor lebih kreatif mengembangkan naskah drama dan isi drama yang digunakan,yang dapat merubah sikap dan kebiasaan siswa.

 

Published
2019-05-30
How to Cite
I Wayan M. (2019). EFEKTIFITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 8(1), 9-19. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/887