PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
Abstract
Masalah penelitian ini adalah bagaimana bimbingan dan konseling berbasis Islami yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui apakah bimbingan dan konseling berbasis Islami efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Sampel sejumlah 10 siswa dipilih secara random sampling. Bimbingan dan konseling berbasis Islami yang dikembangkan merupakan proses pemberian bantuan oleh konselor kepada individu melalui suasana kelompok dengan berlandaskan pada nilai-nilai islam dalam al-qur’an dan hadist, yang memungkinkan setiap anggota untuk belajar berpartisipasi aktif dengan memanfaatkan pikiran dan pengalaman anggota kelompok. Hasil implementasi model menunjukkan bahwa model bimbingan dan konseling berbasis Islami terbukti efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Tingkat kecerdasan emosional mengalami kenaikan sebesar 13,3 % dari sebelumnya 54,7% meningkat menjadi 67.9 %. Disarankan bagi guru khususnya guru bimbingan dan konseling untuk selalu meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling, dan model bimbingan dan konseling berbasis Islami yang diterapkan dalam penelitian ini hendaknya dapat digunakan konselor sebagai salah satu bentuk layanan dalam membantu siswa SMA untuk meningkatkan kecerdasan emosional.