PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IX H SMP NEGERI 2 NEGARA

  • Suarna I Nyoman Guru BK SMPN 2 Negara kabupaten Jemrana Bali

Abstract

Penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan prestasi prestasi belajar IPA siswa. Motivasi belajar IPA siswa terus mengalami peningkatan dari siklus ke siklus hingga mencapai kategori tinggi pada siklus II yaitu 76,11. Rata-rata nilai prestasi belajar IPA siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, yaitu 66,06 pada refleksi awal, meningkat menjadi 72,97 pada siklus I, dan meningkat menjadi 78,09 pada siklus II, daya serap siswa secara klasikal pada refleksi awal sebesar 66,06%, pada siklus I sebesar 72,97%, dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 78,09%, dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, yaitu sebesar 34,29% pada refleksi awal, meningkat menjadi 62,86% pada siklus I, dan meningkat menjadi 88,57% pada siklus II. Tanggapan siswa terhadap penerapan model ini tergolong positif yaitu sebesar 55,63.  Implementasi model Group Investigation dapat meningkatkan motivasi dan prestasi prestasi belajar IPA siswa kelas IX.H SMP Negeri 2 Negara karena pada langkah groupping, guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok kondusif, siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk merencanakan (planning) semua penyelesaian masalah, guru membimbing siswa melakukan investigasi dan  mengorganisasikan permasalahan yang ditemukan, mempresentasikan hasil diskusi yang telah mereka lakukan, serta siswa dan guru mengkaji dan mengevaluasi hal-hal yang telah dilakukan selama pembelajaran berlangsung.

Published
2018-11-28
How to Cite
I Nyoman S. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IX H SMP NEGERI 2 NEGARA. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 7(2), 114-125. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/883