PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MELAYA KABUPATEN JEMBRANA

  • Sukarya I Nyoman Guru Bk Sman 1 Melaya Kabupaten Jembrana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang belajar menggunakan pembelajaran problem posing lebih baik dari siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperiman semu dengan desain penelitian adalah Post-test Only Control Group Design. Adapun populasi dari penelitian ini adalah Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Melaya tahun ajaran 2017/2018. Data diperoleh melalui test prestasi belajar yang di berikan ke siswa di akhir penelitian. Test prestasi belajar matematika siswa berbentuk test uraian. . Data yang diperoleh dianlisis menggunakan uji-t. Hasil dari test prestasi belajar matematika siswa menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran problem posing sebesar 83,03. Sedangkan rata-rata skor prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional sebesar 72,93. Dari analisis data diperoleh   dan . Apabila dibandingkan, nilai , sehingga ditolak. Hal ini berarti bahwa prestasi belajar  matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran problem posing lebih tinggi dari pada prestasi belajar matematika siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Published
2018-11-28
How to Cite
I Nyoman S. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MELAYA KABUPATEN JEMBRANA. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 7(2), 79-90. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/877