THE EFFECTIVENESS OF TECHNOLOGY INTEGRATION IN LEARNING ON IMPROVING CRITICAL THINKING SKILLS OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
Efektivitas Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i4.6579Keywords:
Penggunaan teknologi, Keterampilan berpikir kritis.Abstract
This study aims to determine the influence of the use of technology in learning on the critical thinking skills of students in grade IX.3 SMP Negeri 01 Belitang Mulya and describe the level of students' critical thinking skills after the application of technology-based learning. The research uses a quantitative approach with an associative type of research. Data were collected through a closed questionnaire spread and analyzed using simple linear regression. The results of the study showed that the use of technology had a positive effect on students' critical thinking skills, as evidenced by a significance value of 0.215 (> 0.05) so that the alternative hypothesis (Ha) was accepted. The level of students' critical thinking skills also increased from an average of 0.20 (low category) to 0.60 (medium category) after the integration of technology in learning. These findings confirm that technology can be an effective means of encouraging students' analytical, logical, and reflective thinking skills.
References
Ainur Rosyidah, L. B. (n.d.). Studi komparasi tentang kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).
Akhira Prahasari, M. (n.d.). Pengembangan audio pembelajaran.
Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di SDN Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4
Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa.
Angriani, D. (2025). Pengembangan model pembelajaran model Virtual Reality inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah 4 Makassar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Bahri, A., Damayanti, C. M., Sirait, Y. H., & Alfarisy, F. (2022). Aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 120–130. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.525
Bintang Istofany, M. A., Ratu, H., Negara, P., & Santosa, F. H. (2024). Analisis penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mahasiswa. Ulul Albab, 28(1), 1–14.
Chrestella, D., & Haka, N. B. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik melalui pembelajaran menggunakan model multipel representasi.
Darwis, M., Azizah, N., Rofiqoh, S., & Mas’odi. (2025). Peran pembelajaran berbasis proyek terhadap pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. PGSD. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1212
Fauzi, S. A. (2025). Pengaruh literasi digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah FAI.
Hanifah Salsabila, U., Aghnia, M. S., Sholihin, A., & Pratiwi, A. (2023). Dinamika teknologi dalam Pendidikan Agama Islam. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–5. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1912
Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak rendahnya kemampuan berbahasa dan bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650
Indriani, R. P. (2023). Meta-analisis: Pengaruh media e-learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 1-10.
Juhji, A. S. (2018). Profesi guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di era globalisasi.
Khotimah, U. (n.d.). Pengaruh teknologi terhadap pembelajaran abad 21.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Nasrikin, R., Komalasari, K., & Ruhimat, M. (2023). Pengaruh literasi media internet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di era Covid-19. Jurnal Civic Hukum, 8(1). https://doi.org/10.22219/jch.v8i1.23605
Ningrum, R. K., & Ratman, R. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa tentang materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Media Eksakta, 17(2), 79–84. https://doi.org/10.22487/me.v17i2.1075
Nurhaliza, E., Apriani, D., Lestari, W. I., & Walid, A. (2020). Evaluasi dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik tingkat SMP terhadap pembelajaran fisika.
Pujilestari, Y., & Susila, A. (2020). Pemanfaatan media visual dalam pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(2), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334
Putri, A., Harahap, M. K., & Harahap, P. H. K. (2022). Pengaruh penggunaan media audio visual dalam mengembangkan minat belajar siswa di sekolah. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2).
Putri, S. W., Rachayuni, & Widiyatmoko, A. (2024). Profil kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV. Jurnal Didaktika.
Rohmah, S. S. (2025). Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Indonesian Journal of Islamic Educational Review, 2(1), 49-54. https://doi.org/10.58230/ijier.v2i1.212
Rositawati, D. N. (2018). Kajian berpikir kritis pada metode inkuiri.
Sari, P. P. (2025). Pengembangan LKPD berbasis literasi numerasi menggunakan model PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Inpres Muku. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.
Setiyawan, H. (2021). Pemanfaatan media audio visual dan media gambar pada siswa kelas V. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(2). https://doi.org/10.24176/jpp.v3i2.5874
Sugiyono. (2023). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, N. I. (2025). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa kelas VI melalui pembelajaran konstruktivisme berbasis teknologi pendidikan mata pelajaran IPAS. Didaktika.
Yuli, T., & Siswono, E. (2016). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika.
Zakaria, P. (2021). Deskripsi kemampuan berpikir kritis siswa di era pembelajaran daring. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika Sains dan Teknologi, 8(2). https://doi.org/10.34312/euler.v8i2.10417




.png)













