KORELASI ANTARA PROFESIONALISME GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 WONGSOREJO

  • WIWIN ERNAWATI Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi
  • SOFYAN KRISWANTONI Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi
  • DHALIA SOETOPO Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya maka sangat dibutuhkan peran pendidik yang profesional. Profesionalisme guru dituntut agar terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan terhadap sumberdaya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing baik dalam forum regional, nasional maupun Internasional. Dalam upaya pembangunan pendidikan nasional, sangat diperlukan guru (pendidik) dalam jumlah yang memadai dan standard mutu kompetensi dan profesionalisme yang terjamin. Untuk mencapai jumlah guru yang profesional yang mencukupi dan dapat menggerakkan dinamika kemajuan pendidikan nasional diperlukan suatu proses yang terus menerus, tepat sasaran dan efektif.

Berkaitan dengan pentingnya kemampuan guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Korelasi Antara Profesionalisme Guru Dengan Aktivitas Belajar Pada Siswa KelasVIII Semester Genap Di Smpn 1 Wongsorejo Tahun Pelajaran 2013/2014". Pada dasarnya penelitian itu  dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang antara lain dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan setiap penelitian selalu berangkat dari masalah.

References

AhmadTafsir.2005.IlmuPendidikandalamPerspektifIslam.Bandung:PT.Remaja

RosdakaryaIqbalHasan.2004.AnalisisDataPenelitiandenganStatistik.Jakarta:BumiAksara

Jamal Ma’mur Asmani. 2009. Manajemen Pengolahan dan KepemimpinanPendidikanProfesional.Jogjakarta:DIVAPress

KamalMuhamadlsa. 1994.ManajemenPendidikanIslam.Jakarta:PT.FikahatiAnesta

Moh UzerUsman. 2006. Menjadi GuruProfesional. Bandung: PT RemajaRosdakarya

OemarHamalik.2009.ProsesBelajarMengajar.Jakarta:PTBumiAksara

Soenjono Dardjowidjojo. 2003. Psikolinguistik PengantarPemahaman BahasaManusia.Jakarta:YayasanOborIndonesia

SriHarini.2010.TeoriPeluang.Malang:UIN-MalikiPress

SudarmanDanim.2002. InovasiPendidikan.Bandung:CV.PustakaSetia

Sugiyono. 2011. Metode PenelitianKuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi.2006.ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktekedisirevisiVI.Jakarta:RinekaCiputra

SutrisnoHadi.1990.MetodologiResearch.Yogyakarta: AndiOffset

YatimRiyanto.2009.Paradigma BaruPembelajaranSebagaiReferensibagi Guru/Pendidik dalamImplementasiPembelajaran yangefektifdan Berkualitas.Jakarta:KencanaPrenadaMediaGroup

Published
2017-05-24
How to Cite
ERNAWATIW., KRISWANTONIS., & SOETOPOD. (2017). KORELASI ANTARA PROFESIONALISME GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 WONGSOREJO. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/60