KORELASI ANTARA PROFESIONALISME GURU DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 WONGSOREJO
Abstract
Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya maka sangat dibutuhkan peran pendidik yang profesional. Profesionalisme guru dituntut agar terus berkembang sesuai dengan perkembangan jaman, ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan terhadap sumberdaya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing baik dalam forum regional, nasional maupun Internasional. Dalam upaya pembangunan pendidikan nasional, sangat diperlukan guru (pendidik) dalam jumlah yang memadai dan standard mutu kompetensi dan profesionalisme yang terjamin. Untuk mencapai jumlah guru yang profesional yang mencukupi dan dapat menggerakkan dinamika kemajuan pendidikan nasional diperlukan suatu proses yang terus menerus, tepat sasaran dan efektif.
Berkaitan dengan pentingnya kemampuan guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Korelasi Antara Profesionalisme Guru Dengan Aktivitas Belajar Pada Siswa KelasVIII Semester Genap Di Smpn 1 Wongsorejo Tahun Pelajaran 2013/2014". Pada dasarnya penelitian itu dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan data yang antara lain dapat digunakan untuk memecahkan masalah dan setiap penelitian selalu berangkat dari masalah.
References
AhmadTafsir.2005.IlmuPendidikandalamPerspektifIslam.Bandung:PT.Remaja
RosdakaryaIqbalHasan.2004.AnalisisDataPenelitiandenganStatistik.Jakarta:BumiAksara
Jamal Ma’mur Asmani. 2009. Manajemen Pengolahan dan KepemimpinanPendidikanProfesional.Jogjakarta:DIVAPress
KamalMuhamadlsa. 1994.ManajemenPendidikanIslam.Jakarta:PT.FikahatiAnesta
Moh UzerUsman. 2006. Menjadi GuruProfesional. Bandung: PT RemajaRosdakarya
OemarHamalik.2009.ProsesBelajarMengajar.Jakarta:PTBumiAksara
Soenjono Dardjowidjojo. 2003. Psikolinguistik PengantarPemahaman BahasaManusia.Jakarta:YayasanOborIndonesia
SriHarini.2010.TeoriPeluang.Malang:UIN-MalikiPress
SudarmanDanim.2002. InovasiPendidikan.Bandung:CV.PustakaSetia
Sugiyono. 2011. Metode PenelitianKuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi.2006.ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktekedisirevisiVI.Jakarta:RinekaCiputra
SutrisnoHadi.1990.MetodologiResearch.Yogyakarta: AndiOffset
YatimRiyanto.2009.Paradigma BaruPembelajaranSebagaiReferensibagi Guru/Pendidik dalamImplementasiPembelajaran yangefektifdan Berkualitas.Jakarta:KencanaPrenadaMediaGroup