STUDI KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS MA RODLOTUL MUTA’ALIMIN SIMBAR CLURING

  • RIZKY IRZA AFIFI Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi
  • TIAN FITRIARA HUDA Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Tujuan penelitian adalah secara mayor untuk mengetahui ada tidaknya korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring tahun pelajaran 2014/2015 dan secara minor terbagi menjadi dua yaitu minor I adalah ada tidaknya korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar di sekolah dan minor II adalah ada tidaknya korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar di rumah dan secara minor. Hipotesa yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: hipotesa mayor adalah ada hubungan antara lingkungan belajar dengan aktifitas belajar siswa.Sedangkan hipotesis minor terbagi menjadi dua yaitu minor I adalah ada hubungan antara lingkungan belajar dengan aktifitas belajar siswa di sekolahdan minor II adalah ada hubungan antara lingkungan belajar dengan aktifitas belajar siswa. Hasil menunjukan (Ha) diterima yang berarti ada korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring Tahun Pelajaran 2014/2015”. Kesimpulan penelitian adalah secara mayor adalah ada korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring tahun pelajaran 2014/2015 dan secara minor yaitu minor I adalah ada korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar di sekolah pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring Tahun Pelajaran 2014/2015 dan minor II adalah ada korelasi lingkungan belajar dengan aktifitas belajar di rumah pada siswa kelas XI IPS semester genap MA Roudlotul Muta’alimin Simbar Cluring tahun pelajaran 2014/2015.

References

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamalah, Syaiful Bakri.1994.Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru.Surabaya: Usaha Nasional.

Dahidi, Purwanto Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Djamarah,

Koentjoroningrat.1986.Metode-Metode Penelitian Masyarakat.Jakarta:Gramedia.

Mulyasa, E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Remaja Rosda Karya : Bandung.

Rombepajung, J. P. 1988. Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Depdikbud

Sukmadinata, Nana Syaodih,. 2004. Landasan Psikologis Proses Guruan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sardiman, AM. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 1998. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Algesindo

Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta.

Surakhmad, Winarno. 1972. Penguatan Metode Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Trianto T,Tutik.2007.Sertifikasi Guru dan Upaya Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi dan Kesejahteraan. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Winkel, WS. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published
2017-05-24
How to Cite
AFIFIR. I., & HUDAT. F. (2017). STUDI KORELASI ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS MA RODLOTUL MUTA’ALIMIN SIMBAR CLURING. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/57