Development of Arithmetic Congklak Media (CONGKARIT) to Improve Learning Outcomes of Class VIII Students
Pengembangan Media Congklak Aritmatika (CONGKARIT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i1.5392Keywords:
Media, Arithmetic, Learning OutcomesAbstract
ada
References
Aritonang, T. K., & Lubis, M. S. (2024). Eksplorasi etnomatematika dalam kesenian sikambang pada masyarakat kota Sibolga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(3), 445–458. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i3.22677
Fajriyah, L., Maharbid, D. A., & Kunci, K. (2023). METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-an KELAS II SDN TELUK PUCUNG III. XIX(I), 12–22.
Febriyanti, C., Ari, I., & Kencanawaty, G. (2019). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Congklak. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 72–76. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2299/1831
Fitriatunnisa, R., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2024). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Congklak Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika. 4, 422–433.
Lestari, D. A., Sulistiyanti, R., Azizah, W., & Pramesti, S. L. D. (2023). Eksplorasi Penerapan Etnomatika Permainan Tradisional Congklak Sebagai Pembelajaran Matematika: Etnomatika. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 215–227.
Okpatrioka. (2024). Penerapan permainan tradisional congklak untuk penanaman nilai-nilai karakter peserta didik. 5(3), 144–151. Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif
Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Fajriyah, L., Maharbid, D. A., & Kunci, K. (2023). METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-an KELAS II SDN TELUK PUCUNG III. XIX(I), 12–22.
Febriyanti, C., Ari, I., & Kencanawaty, G. (2019). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Congklak. Prosiding Sesiomadika, 2(1), 72–76. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2299/1831
Fitriatunnisa, R., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2024). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Congklak Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika. 4, 422–433.
Lestari, D. A., Sulistiyanti, R., Azizah, W., & Pramesti, S. L. D. (2023). Eksplorasi Penerapan Etnomatika Permainan Tradisional Congklak Sebagai Pembelajaran Matematika: Etnomatika. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 3, 215–227.
Okpatrioka. (2024). Penerapan permainan tradisional congklak untuk penanaman nilai-nilai karakter peserta didik. 5(3), 144–151. Okpatrioka Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif
Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Downloads
Published
2025-06-01
How to Cite
Anisah Putri Br Munthe, & Asrul. (2025). Development of Arithmetic Congklak Media (CONGKARIT) to Improve Learning Outcomes of Class VIII Students: Pengembangan Media Congklak Aritmatika (CONGKARIT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 14(1), 260–269. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i1.5392
Issue
Section
Artikel