PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PENDIDIK (Studi Kasus Model Pelatihan Kontekstual Terintegrasi Melalui Buku Bacaan Bermutu Pada KKG Gugus VI Panglima Batur Kecamatan Pandih Batu)

  • Ponijan Universitas Palangka Raya
Keywords: Model pelatihan, Kompetensi Literasi, Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pelatihan kontekstual terintegrasi melalui buku bacaan bermutu terhadap peningkatan kompetensi literasi dan numerasi pendidik di KKG Gugus VI Panglima Batur, Kecamatan Pandih Batu. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental pretest-posttest, penelitian ini mengukur peningkatan kompetensi pendidik sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Penelitian ini memiliki jumlah sampel sebanyak 42 pendidik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, serta analisis data menggunakan uji pired sample t-test, uji honogenitas, dan normalitas data.Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan dalam kompetensi literasi, dengan rata-rata pretest sebesar 57,40 dan posttest sebesar 97,69, serta kompetensi numerasi, dengan rata-rata pretest sebesar 64,40 dan posttest sebesar 98,24. Uji normalitas menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, sementara uji homogenitas varians mengindikasikan kesamaan varians antara kelompok data. Analisis uji-t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest baik pada literasi (t = 38,819, p < 0,05) maupun numerasi (t = 33,020, p < 0,05), menegaskan efektivitas model pelatihan yang diterapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi buku bacaan bermutu dalam pelatihan kontekstual mampu meningkatkan pemahaman serta keterampilan pendidik dalam mengajarkan literasi dan numerasi secara lebih efektif. Oleh karena itu, disarankan agar model pelatihan ini dapat diterapkan secara lebih luas dengan pendampingan berkelanjutan guna memastikan dampak yang optimal dalam pembelajaran di kelas.

References

Agusdianita, N. (2023). Model pembelajaran problem based-learning (pbl) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Social Humanities and Educational Studies (Shes) Conference Series, 6(3). https://doi.org/10.20961/shes.v6i3.82317
Asosiasi Penerbit Indonesia. (2022). Ketersediaan Buku Bacaan Bermutu di Sekolah Dasar: Analisis dan Tantangan Implementasi. Jakarta: Penerbit Nasional.
Handayani, R. (2023). Strategi Peningkatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar: Sebuah Evaluasi Program Pelatihan Guru. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 10(1), 55-68.
Handayani, R. (2023). Strategi Peningkatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar: Sebuah Evaluasi Program Pelatihan Guru. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 10(1), 55-68.
Handayani, S. (2023). Model pembelajaran problem based learning pada materi kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan mts al fajar teluk kiri. JURIBMAS, 2(2), 217-222. https://doi.org/10.62712/juribmas.v2i2.130
Kemendikbudristek. (2021). Laporan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022). Evaluasi Program Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kurniawati, R. and Hadi, F. (2021). Pelatihan pengembangan instrumen evaluasi berbasis hots untuk guru sekolah dasar. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 267-276. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i4.182
LPPN. (2021). Kajian Kompetensi Numerasi dan Dampaknya terhadap Pendidikan Nasional. Lembaga Penelitian Pendidikan Nasional.
Ngadha, C. (2024). Penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Polinomial Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 114-122. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.923
Nissa, I. and Kurniawan, A. (2020). Efektivitas pembelajaran berbasis masalah dengan bermain peran terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Kiprah, 8(2), 66-77. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2079
OECD. (2019). PISA 2018 Results: What Students Know and Can Do (Volume I). Organisation for Economic Cooperation and Development.
Paillin, B. (2024). Pengembangkan keterampilan berpikir kritis dan solusi masalah matematika melalui problem based learning. Jurnal Cendekia Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1225-1242. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3199
Prihatini, A. and Sugiarti, S. (2022). Pembelajaran multiliterasi: implementasinya dalam pelatihan pengembangan model pembelajaran guru sma di malang. Pengabdianmu Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(4), 486-494. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i4.2900
Priyono. (2020). Analisis Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Daerah Pedesaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 75-89.
Priyono. (2020). Analisis Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Daerah Pedesaan. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2), 75-89.
Pusmenjar. (2021). Hasil Asesmen Kompetensi Minimum dan Implikasinya terhadap Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Pusmenjar. (2021). Hasil Asesmen Kompetensi Minimum dan Implikasinya terhadap Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Pusat Penilaian Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Rahman, A., Suharyat, Y., Ilwandri, I., Santosa, T., Sofianora, A., Gunawan, R., … & Putra, R. (2023). Meta-analisis : pengaruh pendekatan stem berbasis etnosains terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa. Innovative Journal of Social Science Research, 3(2), 2111-2125. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.545
Rahmawati, A. (2023). Model Pelatihan Kontekstual dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi Pendidik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 22(1), 45-60.
Rahmawati, A. (2023). Model Pelatihan Kontekstual dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi dan Numerasi Pendidik di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 22(1), 45-60.
Rahmawati, I. (2023). Kemampuan literasi matematika mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar berbasis pmri. Elementary School Journal PGSD Fip Unimed, 13(2), 152-167. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.43197
Rejemiati, R., Nawir, M., & Basri, B. (2022). Model pembelajaran berbasis masalah (pbm) terhadap penguasaan konsep ips dan kemampuan memecahkan masalah. Briliant Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(4), 946. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1044
Suryani, D., Subekti, R., & Hidayat, M. (2022). Pelatihan Kontekstual dan Implikasinya terhadap Kompetensi Guru dalam Pengajaran Numerasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(2), 112-125.
Suryani, D., Subekti, R., & Hidayat, M. (2022). Pelatihan Kontekstual dan Implikasinya terhadap Kompetensi Guru dalam Pengajaran Numerasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 8(2), 112-125.
UNESCO. (2020). Global Education Monitoring Report: Literacy and Numeracy Challenges in Developing Countries. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.
Wijayanti, A., & Prasetyo, T. (2021). Kesenjangan Kompetensi Pendidik di Daerah Terpencil: Studi Kasus Program Pengembangan Guru Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 87-99.
Wijayanti, A., & Prasetyo, T. (2021). Kesenjangan Kompetensi Pendidik di Daerah Terpencil: Studi Kasus Program Pengembangan Guru Berkelanjutan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 87-99.
World Bank. (2021). Strengthening Foundational Literacy and Numeracy: Policy Recommendations for Developing Nations. Washington, DC: The World Bank.
Zakiah, N., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi pendekatan kontekstual pada model pembelajaran berbasis masalah berdasarkan langkah-langkah polya. Teorema Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706
Published
2025-04-18
How to Cite
Ponijan. (2025). PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PENDIDIK (Studi Kasus Model Pelatihan Kontekstual Terintegrasi Melalui Buku Bacaan Bermutu Pada KKG Gugus VI Panglima Batur Kecamatan Pandih Batu). SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 14(1), 64-77. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v14i1.5060