IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MTS MIHADUNAL ULA SUKABUMI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi Blended learning yang merupakan pembelajaran alternatif di MTs Mihadunal Ula Sukabumi pada masa pandemi Covid-19 yang meliputi perencanaan, pengelolaan, evaluasi, faktor penghambat dan pendukung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan snowball sampling dengan informan penelitian; empat orang guru yang melaksanakan pembelajaran Blended learning, guru zonasi, dan siswa. Analisis data dengan analisis interaksi melalui; kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga tahapan Pelaksanaan Blended Learning yaitu; tahap perencanaan dengan merancang tujuan program, menyiapkan sarana dan prasarana, menyusun jadwal pembelajaran, menyusun perangkat evaluasi dan sosialisasi. Tahapan pelaksanaan pembelajaran meliputi pembelajaran daring asinkron mandiri, pembelajaran tatap muka pada empat mata pelajaran yaitu; Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika dan IPA, serta terdapat kegiatan zonasi luring sebagai kegiatan pengendalian belajar siswa. Tahapan sistem evaluasi pembelajaran meliputi himpunan/rapat guru yang dilaksanakan satu bulan sekali, himpunan guru dan orang tua dilaksanakan satu semester sekali. Dalam penelitian ini juga terdapat beberapa faktor penghambat dan pendukung Blended Learning.