OPTIMIZATION OF CLASS MANAGEMENT AS THE IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM IN CLASS X TJKT 2 AT SMKN 1 BANYUWANGI

OPTIMALISASI MANAJEMEN KELAS SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS X TJKT 2 DI SMKN 1 BANYUWANGI

  • BAYU INDRA PERMANA SMKN 1 BANYUWANGI
Keywords: Manajemen Kelas, Wali kelas, Merdeka Belajar, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang manajemen kelas pada sekolah yang menerapkan kurikulum Merdeka. Membahas tentang bagaimana implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar, factor pendorong dan penghambat serta usaha-usaha yang dapat meningkatkan efektifitas manajemen kelas. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMKN 1 Banyuwangi dengan kelas X TJKT 2. Subyek penelitian yaitu wali kelas dan murid. Adapun hasil dari penelitian ini adalah implementasi manajemen kelas di X TJKT 2 SMKN 1 Banyuwangi telah dilaksanakan dengan melalui berbagai macam tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengkondisian dan evaluasi. Sedangkan factor pendorong dan penghambat muncul dari latar belakang murid, fasilitas dan pemahaman wali kelas pada program yang dijalankan. Adapun usaha-usaha yang ditempuh dalam meningkatkan efektifitas manajemen kelas yaitu mempersiapkan hal-hal secara rinci dan administratif terlebih pada program kerja, penggunaan Bahasa yang mudah diterima murid, dan menggunakan pendekatan yang manusiawi dan demokratis.

References

Ali Rohmad,Jurnal ilmiah Tarbiyah,Inovasi pengelolaan kelas dalam mengacu
kedinamisan pembelajaran , Malang Universitas Negeri Malang
Afriza. 2014. Manajemen Kelas. Pekanbaru : Kreasi Edukasi
Kurniawan.Andri. 2022. Manajemen Kelas. Padang : Global Eksekutif Teknologi
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Kurikulum
Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan
pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024.
https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/detail-ikm/
Miles and Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang
Metode-Metode Baru. Jakarta:Universitas Indonesia (UI-Press).
Made Pidarta, Pengelolaan Kelas Surabaya:Usaha Nasional
Moch. Uzer Usman (2011). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya
Rusman. 2018. Manajemen Pengelolaan Kelas. UM Surabaya Publishing : Surabaya
Syaifurahman 2013, Manajemen dalam Pembelajaran Jakarta:, PT. Indeks
Published
2023-11-02
How to Cite
PERMANAB. I. (2023). OPTIMIZATION OF CLASS MANAGEMENT AS THE IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM IN CLASS X TJKT 2 AT SMKN 1 BANYUWANGI: OPTIMALISASI MANAJEMEN KELAS SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA KELAS X TJKT 2 DI SMKN 1 BANYUWANGI. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 12(2), 183-188. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v12i2.3153