PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATION

  • Taufiq Wayan Sunarwi Guru SDLB PGRI Bangorejo
  • Teguh Puja Tzammara FKIP Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ; 1) Memperoleh gambaran pelaksanaan
pelayanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 1 Songgon, 2) memperoleh
gambaran kondisi self regulation siswa SMP Negeri 1 Songgon, 3)
mengetahui tingkat efektifitas bimbingan kelompok dengan dengan metode
mind mapping untuk meningkatkan self regulation siswa SMP Negeri 1
Songgon.
Berdasarkan penelitian dilapangan, diperoleh kesimpulan bahwa bimbingan
kelompok di SMP Negeri 1 Songgon sudah dilakukan sesuai tahapan, tetapi
dalam pelaksanaanya masih belum mencapai tujuan yang diharapkan.
Sesuai dengan hasil study pendahuluan 63,53% siswa (dari 340 siswa)
memiliki tingkat self regulation rendah dan kurang. Setelah melalui tahapan
dalam pengembangan model, dihasilkan model bimbingan kelompok
dengan metode mind mapping untuk meningkatkan self regulation siswa
SMP. Setelah dihasilka model dan diuji efektifitasnya dilapangan tingkat
self regulation siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti kegiatan
bimbingan kelompok dengan metode mind mapping. Hal ini ditunjukkan
dengan perubahan tingkat self regulation siswa sebelum diberikan perlakuan
(pre test) dan sesudah (post test) sebesar 26, 9%.

Published
2019-01-28
How to Cite
SunarwiT. W., & TzammaraT. P. (2019). PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATION. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 7(1), 29-43. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/274