PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING (ROLL) SENAM LANTAI PADA SISWA KELAS XI IPA-1 SMA NEGERI 1 MELAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • I Ketut Widia SMA N 1 Melaya, Bali

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe GI (group investigation) apakah dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Berguling (Roll) pada Siswa Kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Melaya Tahun Pelajaran
2017/2018. Adapun yang dipakai sebagai subjek penelitian dalam PTK ini adalah siswa kelas
XI IPA 1 SMA Negeri 1 Melaya tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 40
orang, yang rata-rata aktivitas belajar berguling (roll) secara klasikal mencapai 56,83 % dan
rata-rata hasil belajar berguling (roll) ke depan secara klasikal mencapai 56,83 % serta rata
hasil belajar berguling (roll) ke belakang secara klasikal mencapai 56,2 %. Hal ini tercermin
dari penerapan model pembelajaran konvensional.
Data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan menggunakan metode observasi
terhadap kemunculan indicator aktivitas belajar dan hasil belajar berguling diperoleh..
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe GI
(group investigation) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar berguling (roll). Ini
terbukti dari hasil aktivitas belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 7,5 dan siklus II rata-rata
9,0. Untuk hasil belajar berguling (rool) ke depan pada siklus I diperoleh rata-rata 80 dan hasil
belajar berguling (roll) ke belakang pada siklus II diperoleh rata-rata 95. Aktivitas belajar
dari siklus I ke siklus II naik sebesar 1,5 % dan ketuntasan hasil belajar naik 2,5 %. Maka
dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI (group
investigation) dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar.

Published
2019-01-28
How to Cite
WidiaI. K. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BERGULING (ROLL) SENAM LANTAI PADA SISWA KELAS XI IPA-1 SMA NEGERI 1 MELAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 6(2), 55-67. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/268