PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ASESMEN KINERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA SISWA KLS VII SMP NEGERI 4 NEGARA KABUPATEN JEMBRANA – BALI

  • UMI TRISILOWATI SMPN 4 Negara, Bali

Abstract

Tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menguji Pengaruh Implementasi
Pembelajaran Berbasis Asesmen Kinerja terhadap Hasil Belajar dilihat dari Motivasi
Berprestasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri
4 Negara Kabupaten Jembrana - Bali.Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen
dengan menjadikan siswa kelas VII SMP Negeri 4 Negara sebagai sampel
penelitian.Sampel penelitian ditentukan secara acak (random Sampling ).
Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar
Matematika dan Kuesioner Motivasi Berprestasi.Keseluruhan data dalam penelitian ini
akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis anava dua jalur dan uji Tukey yang
sebelumnya akan diawali dengan melakukan uji normalitas dan uji homoginitas varians
terhadap setiap sel penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Terdapat perbedaan yang signifikan
antara prestasi belajar Matematika kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan Asesmen Kinerja dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
uraian; Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pembelajaran Asesmen
kinerja dan Motivasi berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika;

Published
2019-01-28
How to Cite
TRISILOWATIU. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS ASESMEN KINERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATEMATIKA SISWA KLS VII SMP NEGERI 4 NEGARA KABUPATEN JEMBRANA – BALI. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 6(2), 45-54. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/267