USE OF GOOGLE SITES AND GOOGLE FORM MEDIA TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES CLASS VI STUDENTS OF SDN 1 SUKOJATI
PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITES DAN GOOGLE FORM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SDN 1 SUKOJATI
Abstract
Media pembelajaran memegang peranan sangat penting untuk keberhasilan
suatu kegiatan belajar mengajar. Karena mempunyai dampak langsung terhadap
nilai siswa itu sendiri. Oleh karena itu dengan penanganan yang benar, hasil
belajar dapat ditingkatkan semaksimal mungkin. Pendemi Covid-19 menjadi
penyebab nilai belajar siswa menjadi rendah. Sesuai data yang dianalisis dari
buku nilai, yaitu rata-rata 47,67. Tetapi setelah menggunakan media online
berupa google sites dan google form nilai siswa meningkat menjadi 76,92. Hal
itu menunjukkan bahwa penggunaan google sites dan google form dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, penggunaan google sites dan google
form juga dapat menjawab permasalahan pembelajaran selama masa pandemi
Covid-19. Ditambah lagi dapat meningkatkan kreativitas bagi guru maupun
siswa. Kesimpulannya, media google sites dan google form merupakan solusi
alternatif untuk masalah kegiatan belajar mengajar selama penerapan sosial
distencing diberlakukan
References
Munawaroh, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif
Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen, 5(2), 167–182.
Putra, E. D. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Nalaria
Realistik. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 61–73.
Rasyad, A. (2015). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA
AUDIO VISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI MA MUâ€TM
ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Educatio, 10(1), 27–39.
Sianipar, A. Z. (2019). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kepuasan pelayanan mahasiswa. JISAMAR
(Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(1), 16–22