IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BUDAYA MELAYU RIAU DI SD NEGERI 183 PEKANBARU

  • Raudhoh Naratiba Universitas Terbuka
  • Suroyo Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Indonesia
  • Rhini Fatmasari Program Magister Pendidikan Dasar, Universitas Terbuka, Indonesia
Keywords: Character education, Culture Studies, Local Wisdom, Riau Malay

Abstract

The implementation of local content learning is able to build the nation's character because it pays attention to the characteristics of the environment and local culture as a form of preserving Malay culture and the application of character education to face the currents of globalization at the education level. This study aims to determine the application of character education to students based on local wisdom in the learning process of Riau Malay Culture at SD Negeri 183 Pekanbaru, the supporting factors, inhibiting factors and the efforts of the Mulok BMR teachers in overcoming the obstacles they face. This research is ethnographic research using a qualitative approach. Based on the results in this study, the researchers limited as many as 8 characters that were more considered and implemented properly based on local wisdom in learning Riau Malay Culture at SD Negeri 183 Pekanbaru including religion, honesty, discipline, social care, responsibility, environmental care, independence and respect. Achievement.

References

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa SD dalam perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA, 1(1), 85–98.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33.

Ainissyifa, H. (2012). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 1–26.

Akhwan, M. (2011). Pendidikan karakter : Konsep dan implementasinya dalam pembelajaran di sekolah / madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67.

Andrian, A. (2017). Upaya Pembinaan Fisik Dan Mental (Pfm) Dalam Membangun Kedisiplinan Siswa Di Smk Pgri 3 Cimahi. Untirta Civic Education Journal, 2(2), 132–155. https://doi.org/10.30870/ucej.v2i2.2806

Ardila, R. M., Nurhasanah, N., & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 79–85.

Asmani, J. M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Bambang Warsita, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Batubara, J. (2015). Pengembangan Karakter Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 1. https://doi.org/10.29210/112000

Bilda, W. (2016). Pendidikan karakter terencana melalui pembelajaran matematika. Journal of Mathematics Education, 2(1), 46–53.

Budhiman, A. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta, Indonesia.

Dahliyana, A. (2017). Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Sosioreligi, 15(1), 54–64.

Dedeh, & Hasanah, S. (2010). Pengaruh pendidikan latihan (diklat) kepemimpinan guru dan iklim kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar se kecamatan babakancikao kabupaten purwakarta. Jurnal Pendidikan Pelatihan Vol. 11 No. 2, 11(2), 90–105.

Dianti, P. (2014). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 58–68.

Donald Samuel Slamet Santosa. (2018). Peningkatan Antusiasme dan Kedalaman Kajian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Sillabus Individual. Universitas Negeri Jakarta, 53(9), 0.

Faradiba, A. T., & Royanto, L. R. M. (2018). Karakter Disiplin, Penghargaan, dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93–98.

Farida, S. (2016). Pendidikan karakter dalam prespektif islam. Kabilah, 1(1), 198–207.

Fauzi, A. R., Zainuddin, Z., & Atok, R. Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial melalui Discovery Learning. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 79–88. https://doi.org/10.17977/um022v2i22017p079

Fitriani, A. (2016). Annisa Fitriani, Peran Religiusitas Dalam...... xi(1).

Hamdani, 2011. Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter. Paramita, 22(1), 81–95.

Hasiana, I. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Wahana, 72(2), 118–125. https://doi.org/10.36456/wahana.v72i2.2725
Ikhwanuddin. (2012). The implementation of character education on “hard work” and “collaboration” in kbm i course. Jurnal Pendidikan Karakter, 2,

Irsan, I., & Rijal, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Dasar Kota Baubau. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5.

Jamal Ma‟mur Asmani, 2012. Buku panduan internalisasi pendidikan karakter
disekolah. Yogyakarta: Diva press

Jirana, & Masrura, S. I. (2017). Pengaruh Karakter Dan Latar Belakang Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Biologi SMPN 1 Tinambung. Prosiding Seminar Nasional Biologi/ IPA Dan Pembelajarannya, (September).

Julaiha, S. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239.

Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.

Kosim, M. (2011). Urgensi pendidikan karakter. KARSA, IXI(1), 85–92.

Margono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Maullang, R. A. (2016). Jurnal Ilmiah dikdaya pengaruh lingkungan terhadap kreativitas pembelajaran anak di smp negeri 20 muaro jambi Resi Adelina Manullang 1. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 3(2), 1–7.

Maunah, B. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Islam, V(1), 90–101.

M. Djunaidi Ghony & Fauzan Almanshur, 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Muhasim. (2017). Budaya Kejujuran Dalam Menghadapi Perubahan Zaman. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 174–195.

Mujizatullah, & Mustolehudin. (2019). the Training and Education Implementation on Madrasa Teacher ’S Performance In Gorontalo. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(3), 267–283.

Muthmainnah, S. N. (2018). Gaya Mengajar Guru Pemula Dan Guru Profesional Dalam Pembelajaran Matematika Smp Di Klaten Teaching Styles of Novice Teachers and Professional Teachers of Mathematics in Junior Secondary School in Klaten. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3 (2), 202–216.

Ngatini, Marzuki, & Utami, S. (2017). Pembentukan karakter kerjasama dan cinta tanah air melalui pembelajaran tematik model webbing di sekolah dasar pontianak timur. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6.

Novita, M. (2017). Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(2), 102–103.

Nugroho, P. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dan Kepribadian Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Humanis-Religius. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 355. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2491

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.

Prastyawan. (2016). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan Prastyawan 1. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman, 6(1).

Puspitasari, E. (2014). Pendekatan pendidikan karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 45–57.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa SD. Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul, 53(9), 1689–1699.

Rakib, M., Rombe, A., & Yunus, M. (2017). Pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalitas guru (Studi pada Guru IPS Terpadu yang Memiliki Latar Belakang Pendidikan dalam Bidang Pendidikan Ekonomi). Jurnal Ad’ministrare, 3(2), 137. https://doi.org/10.26858/ja.v3i2.2574

Ramadhani, S. P., & Ritonga, R. (2019). Sosialisasi Peran Orangtua Terhadap Perkembangan Anak Di Era Digital Madrasah Ibtidayah Gunung Bunder Ii, Pamijahan Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM-IKP), 2(02), 94–100. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.444

Rusdin. (2017). Pendidikan dan Pelatihan Sebagai Sarana Peningkatan Kompetensi Guru di SMP Negeri 2 Linggang Bigung. Jurnal Administrative Reform, 5(4), 200–212.

Sadia, I. W., Arnyana, I. B. P., & Muderawan, I. W. (2013). Model pendidikan karakter terintegrasi pembelajaran sains. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 209–220.

Sari, Y. M. (2016). Pembinaan Toleransi Dan Peduli Sosial Dalam Upaya Memantapkan Watak Kewarganegaraan (Civic Disposition) Siswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(1), 15–26. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i1.2059

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa. Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 1(1), 348–352.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58.

Sulu Kurniawan, A., Prastowo, P., Darussalim, & Harahap Lily, P. (2017). Antusiasme Belajar Siswa Kelas X Ilmu Pengetahuan Bahasa Pada Lintas Minat Biologi Di MAN 2 Model Medan. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(1), 108–117.

Sumarmo, U. (2011). Pembelajaran matematik berbasis pendidikan karakter. Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1, 22–33.

Suparno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa Di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 62–73.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan pendidikan karakter dan budaya bangsa berwawasan kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 1–13.

Syaiful Sagala, 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta

Totween Helniha, H. (2020). Pengaruh Pelatihan Guru, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 2 Ambon. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 13(2), 25–34. https://doi.org/10.21067/jppi.v13i2.4750

Yara, N. Y., Suwandi, S., & Sumarwati. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dalam Novel Maria Zaitun Karya Joko Santoso. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajaran, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.31002/transformatika.v3i1.1172

Yasbiati, Y., Mulyana, E. H., Rahman, T., & Qonita, Q. (2019). Profil Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di RA-At-Taufiq Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 99–106. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28591

Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa sekolah dasar pada kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praktis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38.
Published
2021-11-12
How to Cite
NaratibaR., Suroyo, & Rhini Fatmasari. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN BUDAYA MELAYU RIAU DI SD NEGERI 183 PEKANBARU. SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 10(2), 208-216. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v10i2.1522