PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KASUS: MENUJU INOVASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH KAJIAN MAKRO EKONOMI

  • M. Anas Magister Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Nusantara PGRI Kediri Indonesia

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan (Borg, Walter R,. Gall, 1983) yang modifikasi dengan delapan tahapan/prosedur. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis kasus untuk pembelajaran mata kuliah kajian makro ekonomi di program studi magister pendidikan ekonomi pascasarjana Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tahap pertama prosedur penelitian berupa: review silabus/RPS, analisis pembelajaran, disain pembelajaran, dan pengembangan bahan ajar. Validasi bahan ajar dilakukan oleh dua ahli, dimana hasilnya digunakan untuk penyempurnaan bahan ajar sampai mendapatkan justifikasi dari validator (ahli) sehingga bahan ajar berbasis kasus layak diimplementasikan dalam pembelajaran mata kuliah kajian makro ekonomi. Pada tahap kedua, dilakukan analisis atas efektivitas bahan ajar berbasis kasus yang diimplementasikan dalm pembelajaran mata kuliah kajian makro ekonomi di program studi magister pendidikan ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, analisis deskriptif menyimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kasus mata kuliah kajian makro ekonomi layak (valid) untuk diimplementasikan dalam pembelajaran

Published
2021-06-02
How to Cite
M. Anas. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KASUS: MENUJU INOVASI PEMBELAJARAN MATA KULIAH KAJIAN MAKRO EKONOMI . SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL, 10(1), 113-124. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/sosioedukasi/article/view/1323