Analisa Efektivitas Konten Instagram Hostel di Yogyakarta Sebagai Media Promosi Pada Kalangan Millennial
Abstract
Instagram merupakan jejaring sosial untuk berbagi foto dan video sehingga platform tersebut cocok digunakan untuk memasarkan produk, baik oleh pribadi maupun bidang usaha hingga brand besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi akun media sosial instagram pada hostel-hostel di Yogyakarta dengan melihat apa saja konten yang digunakan sebagai media promosi khususnya pada kalangan Milenial yang lebih memanfaatkan waktu untuk menikmati hidup, salah satunya dengan cara berwisata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif analisis isi (content analysis) yang dilakukan terhadap lima penginapan dengan konsep edgy paling populer di Instagram, dilihat dari jumlah pengikut dan tingkat keaktifan dalam bermedia sosial. Konten akan dianalisa menggunakan software NVivo, dimana NVivo membantu menganalisa data kualitatif dari caption konten-konten yang akan diteliti. Sebagai uji silang, komparasi terhadap hasil focus group discussion dilakukan untuk meningkatkan keyakinan terhadap temuan data. Dari konten yang telah diunggah oleh akun Hostel, penelitian ini menemukan bahwa generasi Millenial melihat konten yang “realness” dari sebuah unggahan foto kamar hostel sebagai tempat menginap dan konten estetika juga perlu ditambahkan sebagai engagement dan juga awareness pada akun sosial media.