PENGARUH VIDEO INSTAGRAM @STARBUCKSINDONESIA DAN PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER CHELSEA ISLAN TERHADAP SIKAP PENCEGAHAN KANKER PAYUDARA
Abstract
Perkembangan zaman saat ini menuntut manusia menjadi serba cepat. Namun hal ini memberikan dampak negatif terhadap manusia itu sendiri. Kanker payudara menjadi salah satu ancaman bagi manusia modern baik perempuan maupun laki-laki. Untuk mengajak orang-orang agar lebih berani berbicara tentang pencegahan kanker payudara serta melakukan pencegahan sejak dini, Starbucks Indonesia bekerjasama dengan Lovepink Indonesia membuat kampanye PINKVOICE pada bulan Oktober 2018 untuk memperingati bulan kanker payudara. Ajakan ini disampaikan Chelsea Islan sebagai celebrity endorser disebarkan melalui media sosial Instagram @starbucksindonesia. Dengan teknik penelitian kuantitatif, serta penggunaan teori S-O-R (Stimulus, Organism, Response). Teori ini menyatakan bahwa seseorang akan menimbulkan efek atau reaksi khusus terhadap stimulus khusus, sehingga dapat memperkirakan maupun mengharapkan kesesuaian antara pesan dan reaksinya. Teori ini dapat menjadi strategi atau membantu untuk menerapkan penyuluhan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh video Instagram @starbucksindonesia dan celebrity endorser Chelsea Islan terhadap sikap pencegahan kanker payudara. Melalui hasil penelitian terhadap 165 responden yaitu pengikut akun Instagram @starbucksindonesia, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara video Instagram @starbucksindonesia dan celebrity endorser Chelsea Islan terhadap sikap pencegahan kanker payudara. Nilai signifikansi yang ditimbulkan video Instagram @starbucksindonesia terhadap sikap pencegahan kanker payudara adalah 0,000 sedangkan nilai signifikansi yang ditimbulkan Chelsea Islan sebagai celebrity endorser terhadap sikap pencegahan kanker payudara adalah 0,001. Kontribusi video Instagram @starbucksindonesia dan celebrity endorser Chelsea Islan secara simultan terhadap sikap pencegahan kanker payudara sebesar 50,9%.