MANAJEMEN BUDIDAYA UDANG VANAMEI (Litopenaeus Vannamei) PADA TAMBAK SEMI INTENSIF DI KABUPATEN BARRU

  • Surianti Surianti Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • M. Halil Gibran Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • M. Anugrah Sulaeman Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
  • Muh. Farhansyah W Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang
Keywords: Budidaya semi intensif, pemberian pakan, udang vaname

Abstract

Kegiatan budidaya udang vaname pada tambak semi intensif sangat berpotentsi untuk dikembangkan dan manajemen budidaya udang vaname sangat penting untuk diperhatikan. Tujuan dalam kegiatan ini yaitu untuk mengevaluasi pertumbuhan dan metode budidaya udang vaname. Luas kolam 4.000 meter persegi (m2) dengan kepadatan benih (PL-10) sebanyak 250.000 ekor. Air yang digunakan diambil dari tangki yang langsung dialirkan menggunakan pompa dan filter. Kincir air digunakan sebanyak 3 unit untuk mensuplai oksigen. Penambahan air ditambak dilakukan setiap minggu sebanyak 5-10%. Pakan yang diberikan berupa pakan buatan dengan dosis pemberian pakan sebanyak 5% dari bobot tubuh, untuk udang yang berumur 1 bulan, pemberian pakan dilakukan di pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Parameter yang akan diamati adalah laju pertumbuhan dan sintasan udang vaname setiap kali sampling. Pemeliharaan udang vaname merupakan kegiatan dengan tujuan untuk menghasilkan udang yang berkualitas dan mendapatkan profit yang tinggi. Pemeliharaan dilakukan beberapa tahap yaitu persiapan kolam, manajemen kualitas air, manajemen pakan. Pemberian pakan dengan protein 30% dan frekuensi pemberian pakan 6 kali sehari efektif terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup udang vaname.

Author Biographies

Surianti Surianti, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Program studi Ilmu Perikanan, Fakultas Sains dan Teknologi

M. Halil Gibran, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Program studi Ilmu Perikanan, Fakultas Sains dan Teknologi

M. Anugrah Sulaeman, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Program studi Ilmu Perikanan, Fakultas Sains dan Teknologi

Muh. Farhansyah W, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang

Program studi Ilmu Perikanan, Fakultas Sains dan Teknologi

References

Anijar. (2014). Analisis Usaha Tambak Alam. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Amri, K., & Pi, S. (2013). Budi Daya Udang Vaname. Gramedia Pustaka Utama.
Effendi, I. (2016). Budidaya Intensif Udang Vaname Litopenaeus vannamei Di Laut: Kajian Lokasi, Fisiologis dan Biokimia [disertasi]. Bogor: Institut Pertanian Bogor.
Farabi, A. I., & Latuconsina, H. (2023). Manajemen Kualitas Air pada Pembesaran Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) di UPT. BAPL (Budidaya Air Payau dan Laut) Bangil Pasuruan Jawa Timur. Jurnal Riset Perikanan dan Kelautan, 5(1), 1-13.
Faqih, A. (2013). Teknologi Budidaya Udang Windu Air Tawar. Universitas Brawijaya Press.
Ghufron, M. (2017). Teknik pembesaran udang vaname (Litopenaeus vannamei) pada tambak pendampingan pt central proteina prima tbk di desa randutatah, kecamatan paiton, probolinggo, jawa timur.
Hanif. A , Hasan S, & Marwan. (2021). Persepsi Siswa SMKN 1 Halmahera Barat Tentang Praktek Kerja Industri. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2): 132-138
Kordi, G. H. (2024). Jurus Jitu Pengelolaan Tambak untuk Budi Daya Perikanan Ekonomis. Andi. Yogyakarta, 396.
Kurniawan, A., Pramudia, Z., Raharjo, Y. T., Julianto, H., & Amin, A. A. (2021). Kunci Sukses Budidaya Udang Vaname: Pengelolaan Akuakultur Berbasis Ekologi Mikroba. Universitas Brawijaya Press.
Putra, Agustinus Gladyawan Dwi (2019) Pembangunan Sistem Informasi Berbasis Peta Untuk Pengelolaan Kebun Kelapa Sawit Dan Monitoring Panen. S1 thesis, UAJY.
Renganathan, Sumathi., Z. A. Bin Abdul Karim., C. Su Li, (2012) Students’ perception of industrial internship programme. Education and Training Vol. 54 No. 2/3, 2012, pp. 180-191.
Siswoyo (2022). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen dengan AMOS, LISREL, PLS. Bekasi: PT. Intermedia Personalia Utama.
Subyakto, S., Sutende, D., Afand, M., & Sofiati, S. (2019). Budidaya Udang Vannamei (Litopenaeus Vannamei) Semiintensif dengan Metode Sirkulasi Tertutup untuk Menghindari Serangan Virus [The Semiintensive Culture Of Litopenaeus Vannamei By Closed Circulation Method To Prevent Virus Attack]. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan, 1(2), 121-128.
Ummari, Z., Marsi, dan Jubaedah, D. (2017). Penggunaan Kapur Dolomit {CaMg(CO3)2 Pada Dasar Kolam Tanah Sulfat Masam Terhadap Perbaikan Kualitas Air Pada Pemeliharaan Benih Ikan Patin (Pangasius sp.). Jurnal Akuakultur Rawa Indonesia, 5(2), 196–208
Published
2024-07-31
How to Cite
Surianti, Surianti, GibranM. Halil, SulaemanM. Anugrah, and Muh. Farhansyah W. 2024. “MANAJEMEN BUDIDAYA UDANG VANAMEI (Litopenaeus Vannamei) PADA TAMBAK SEMI INTENSIF DI KABUPATEN BARRU”. JURNAL LEMURU 6 (2), 205-12. https://doi.org/10.36526/jl.v6i2.3978.