PERANCANGAN APLIKASI JUAL BELI PRODUK PERIKANAN BERBASIS MOBILE ANDROID (Studi Kasus : FO-KLIK)

  • Dhita Widhiastika
Keywords: aplikasi, fo-klik, pemasaran, perikanan, produk

Abstract

Sektor perikanan merupakan sektor yang strategis untuk meningkatkan devisa negara dalam pembangunan nasional. Namun, dikarenakan munculnya wabah Corona Virus Disease 19 (Covid-19) bidang perikanan tangkap terkena dampak pandemi tersebut. Pelaku usaha perikanan yaitu nelayan, pedagang ikan skala kecil (pedagang retail), pemilik UMKM terkena imbas dari pandemi Covid-19. Pendapatan para pelaku usaha perikanan menurun karena permintaan pasar yang menurun sehingga harga ikan juga menurun. Pelaku usaha perikanan lebih sulit dalam memasarkan produk perikanannya. Maka dari itu, terdapat sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu aplikasi jual beli ikan, baik ikan segar maupun ikan olahan yang mampu dijangkau oleh masyarakat luas berbasis online. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi jual beli ikan secara online yang menghubungkan penjual dengan konsumen secara langsung dengan sistem pengantaran dengan driver. Perancangan aplikasi menggunakan metode Software Development Lifecycle (SDLC) Waterfall yang terdiri dari enam tahap yaitu analysis, design, implementation, testing, deployment, dan maintainance. Aplikasi FO-KLIK bersifat real-time yaitu mampu melakukan pembaharuan secara otomatis dalam sistem. Fitur pada FO-KLIK yaitu beli, co-book, diskusi, berita, informasi gizi, akun, aktivitas. Aplikasi yang sederhana, praktis, mudah dan nyaman dioperasikan oleh user.

References

Agarwal, P., Singhal, A., Garg, A., 2017. SDLC Model Selection Tool and Risk Incorporation 172, 6–10.
Mubarok, F., Fajar, J., 2020. Dampak COVID-19 Terhadap Harga Ikan Tangkapan Nelayan Turun Drastis. Mongabay.
Muhamad Ridho Ramdoni, Sri Setyaningsih, E.T.T., 2014. Aplikasi Penjualan Ikan Air Tawar Online (Studi Kasus : Bintang Ikan) 1–8.
Prasadi, O., Supriyono, A.R., 2019. Rancang Bangun Sistem Informasi Hasil Perikanan (SIHasper) Di Kabupaten Cilacap. JOINS (Journal Inf. Syst. 4, 157–167. https://doi.org/10.33633/joins.v4i2.3072
Utama, P., 2020. Semangat Nelayan di Tengah Pandemi COVID-19. Detik.com.
Yunianto, T.K., 2020. Terpukul Corona, Pengusaha dan Nelayan Mulai Kesulitan Menjual Ikan. Katadata.co.id.
Zaki, B., Putra, S.D., 2018. Aplikasi Bengkel Online Menggunakan Global Positioning System (GPS) Berbasis Android Pada Cv . Rumah Otomotif. J. Inf. Syst. Informatics Comput. 2, 16–25.
Published
2021-03-31
How to Cite
Widhiastika, Dhita. 2021. “PERANCANGAN APLIKASI JUAL BELI PRODUK PERIKANAN BERBASIS MOBILE ANDROID (Studi Kasus : FO-KLIK)”. JURNAL LEMURU 3 (1), 33-44. https://doi.org/10.36526/lemuru.v3i1.1277.