ANALISIS BIOMEKANIKA PERGERAKAN PINGGUL PENARI BAPANG
Abstract
Biomekanika didefinisikan sebagai ilmu aplikasi mekanika pada sistem biologi. Kompleksitas sistem tubuh makhluk hidup merupakan gambaran awal kompleksitas pembelajaran dan penelitian biomekanika. Pergerakan pinggul penari memegang peran penting dalam pergerakan tubuh penari, khususnya pada ragam-ragam gerak yang bukan postur tubuh normal. Kemungkinan terjadinya cidera bisa tinggi jika ragam-ragam gerak tersebut tidak dilatih secara tepat. Penelitian ini menggambarkan perubahan posisi titik pinggung penari Bapang Malangan yang dikenal sebagai tarian dinamis, dan memetakan beban yang terbaca pada tiap posisi gerakan. Penelitian dilakukan dengan cara merekam penari di atas landasan ukur beban. Data berupa hasil render foto dari video rekaman. Diambil10 posisi pertama dari 100 gambar pertama, dengan selang 10 frame dari total 9800 frame render. Data dianalisis perubahan titik pinggul kiri dan kanan dan dikorelasikan dengan pembacaan beban yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada posisi-posisi dimana titik pinggul kiri dan kanan terbaca terletak pada 1 koordinat. Hal ini menunjukkan bahwa posisi tersebut merupakan posisi dimana tubuh berfigur ekstrim yang berpotensi mengakibatkan cidera. Hasil penelitian belum bisa membedakan dan menggambarkan pembebanan pada tiap titik pinggul karena keterbatasan alat ukur.
References
Anjasmoro, T. 2017. Implementasi Program Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dalam Upaya Mempertahankan Zero Accident Di PADA PT Dua Kelinci. Semarang.
Endryanti, Ella Rizky. 2015. “Analisis Morfo-Semantis Nama-Nama Ragam Gerak Tari Topeng Bapang Di Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.” UGM Yogyakarta.
Fauzia, Irma. 2018. “Temu Topeng Malang, Tari Topeng Bapang Diperdebatkan.” Akurat.Co. Retrieved July 15, 2020 (https://akurat.co/hiburan/id-264277-read-temu-topeng-malang-tari-topeng-bapang-diperdebatkan).
Finahari, Nurida, Gatut Rubiono, and Ikhwanul Qiram. 2020. Studi Potensi Resistensi Dan Rapid Recovery Penari Terhadap Paparan Covid-19 Sebagai Wujud Respon Psikoakustik Kumulatif Dari Sinyal Kombinasi Suara Gending Dan Gerak Tari. Malang.
Harsono. 1988. Coaching Dan Aspek-Aspek Psikologi Dalam Coaching. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Heryudita, Karifa. 2016. “Peran Pembelajaran Seni Tari Dalam Pengembangan Kemampuan Motorik Siswa Di SD Negeri Slerok 4 Kota Tegal.” Univ. Negeri Semarang.
Hidayat, R. 2005. “Wawasan Seni Tari.” Fakultas Sastra Univ. Negeri Malang.
Hidayat, R. 2008. Wayang Topeng Malang. Malang: Gantar Gumelar.
Jazuli, M. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Press.
Kussudiardjo, Bagong. 1981. Tentang Tari. Yogyakarta: PT Nur Cahaya.
Mulyono, Untung, Subowo Y, and Sukotjo. 2018. Penciptaan Tarian Anak Berdasarkan Budaya Lokal Lingkungan Dan Alam. Yogyakarta.
Purwatiningsih, Harini N. 2004. “Pendidikan Seni Tari Drama Di TK-SD Malang.” Universitas Negeri Malang.
Sajoto, Moch. 1988. Pembinaan Kondisi Fisik Dalam Olahraga. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Santika, I. G. P. Ngurah Adi, I. P. G. Adiatmika, and Susy Purnawati. 2015. “Pelatihan Berjalan Di Atas Balok Lurus Sejauh 8 Meter 5 Repetisi 4 Set Lebih Baik Daripada 4 Repetisi 5 Set Terhadap Keseimbangan Tubuh Mahasiswa Fakultas Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP PGRI Bali.” Sport and Fitness Journal 3(1):1–7.
Triana, Dinny Devy, and Eddy Husni. 2017. “Senam Otak Berbasis Gerak Tradisi Koordinasi Asimetris Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.” Sarwahita : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 14(1):10–20.
Winata, Handy. 2014. “Hipermobilitas Sendi Pada Anak-Anak Dengan Idiopatik Skoliosis.” J. Kedokt Meditek 20(52):28–35.
Zulfaa, Aishiiz. 2011. “Pengaruh Pemberian Stretching Pada Otot Gastroknemius Dan Otot Hamstring Terhadap Keseimbangan Dinamis Pada Lansia.” FIK Unmuh Surakarta.
Copyright (c) 2020 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.