INOVASI PEMBELAJARAN (INKLUSI) PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS PERMAINAN KECIL UNTUK MAHASISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS
Abstract
Program pembelajaran belum memasukkan mata kuliah pendidikan inklusif sesuai amanah UU No. 8 tahun 2016, yaitu mahasiswa yang berkebutuhan khusus masih diikutkan dalam kelas yang sama dengan mahasiswa umum (tidak memiliki hambatan belajar) sehingga ini menjadi kendala dan tantangan belajar bagi mahasiswa berkebutuhan khusus. Proses kegiatan belajar mengajar berlangsung dalam satu arah dimana dosen cenderung dominan (aktif) sementara mahasiswa menunggu (pasif) dan belum mengakomodir mahasiswa yang berkebutuhan khusus. Sarana dan prasarana yang digunakan sangat terbatas sehingga berdampak pada keaktifan mahasiswa untuk mempraktekkan atau melakukan suatu gerakan juga ikut terkendala. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian menggunakan: (1) Research and Information Collection, (2) Planning, (3) Develop Preliminary form of product, (4), validasi desain, (5) Main Product revision, (6) Main filed testing, (7) Operational product revision, (8) Operational field testing, (9) Final Product revision. Simpulan dalam penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model modifikasi permainan kecil yang terdiri atas: 1) permainan bagian tubuh (kerucut), 2) permainan tepuk ambil, 3) permainan bola gotong. Model-model tersebut telah dinilai oleh expert judgment dan mendapatkan kesimpulan bahwa model tersebut dinyatakan valid dan layak untuk digunakan.
References
Abduljabar, B. (2011). Pengertian Pendidikan Jasmani. Ilmu Pendidikan.
Abdullah, N. (2012). Bagaimana mengajar mahasiswa tunanetra (di sekolah inklusi). Magistra.
Ali Maksum. (2012). Pengumpulan data. Jurnal Metode Pengumpulan Data.
April, A. E. E. (2015). Inovasi Media Pembelajaran. Artikel E-Buletin.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Hakim, A. R. (2017). Memuliakan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Ilmiah Penjas.
Hayudi. (2020). Peningkatkan Kemampuan Passing Bawah dengan Menggunakan Metode Bervariasi Permainan Bola Voli pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal Pendidikan, 8(1), 71–77. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/387/348
Khoiroh, A., & Paramita, P. P. (2014). Peran Dukungan Sosial terhadap Pembentukan Self Esteem yang Tinggi pada Remaja Tunanetra di Sekolah Khusus. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi.
Kurniawan, A., & Hayudi, H. (2018). Pengembangan Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Olahraga Permainan Kecil. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga). https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i2.210
Muharomah, S. (2016). PENGGUNAAN BAHASA PADA MAHASISWA TUNANETRA: (Pengamatan terhadap Mahasiswa Tunanetra melalui Proses Penalaran dalam Kegiatan Tari di Panti Sosial Bina Netra Cahaya Bathin). Deiksis.
Ratnasari, M. N. I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Untuk Meningkatkan Orientasi dan Mobilitas Mahasiswa Tunanetra Merrynda. Jurnal Pendidikan Khusus Penerapanmodel.
Setianingsih, E. S. (2018). Implementasi Pendidikian Inklusi: Manajemen Tenaga Kependidikan (GPK). Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v7i2.1808
Siti Zubaidah. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan. https://doi.org/10.1021/acs.langmuir.6b02842
Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. ___ (2016).
Utama, A. M. B. (2011). pembentukan karakter mahasiswa melalui aktivitas bermain dalam pendidikan jasmani. Pendidikan Jasmani Indonesia.
Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (Plb) Terhadap Pelayanan Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi). https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108
Widiyatmoko, F. A. (2017). Strategi Implementasi Nilai Pendidikan Dalam Pembelajaran Penjas Dikaji Dari Perspektif LPTK. Jendela Olahraga. https://doi.org/10.26877/jo.v2i2.1699
Widyastuti, R. (2016). Pola Interaksi Guru dan Siswa Tunanetra SMPLB A Bina Insani Bandar Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika.
Copyright (c) 2020 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.