PENGEMBANGAN MODEL VARIASI SERANGAN PERMAINAN BOLAVOLI PADA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA DI SMA PGRI PURWOHARJO BANYUWANGI

  • Edi Irwanto Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Olahraga Kesehatan Universitas PGRI Banyuwangi

Abstract

Hasil analisis kebutuhan yang di lakukan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA PGRI Purwuharjo diperoleh data sebagai berikut: berdasarkan pengamatan pertandingan persahabatan permainan tim putra SMA PGRI Purwoharjo masih monoton. Variasi dan pola penyerangan kurang memanfaatkan spiker yang dimiliki oleh para pemainya. Berdasarkan hasil penyebaran angket 52, 08% siswa menyatakan latihan model variasi sering diterapkan saat ekstrakurikuler bolavoli. Berdasarkan hasil wawancara, pelatih jarang memberikan latihan variasi serangan.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model variasi serangan permainan bolavoli pada ekstrakurikuer bolavoli putra di SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi.

Prosedur pengembangan model variasi serangan permainan bolavoli ini menggunakan model research and development dari Borg and Gall yang dimodifikasi   dengan   tahap-tahap   sebagai   beikut:   (1)   Melakukan   analisis kebutuhan. (2) Membuat produk awal penerapan variasi serangan permainan bolavoli dan di validasi ke ahli permainan bolavoli. (3) Melakukan uji kelompok kecil kemudian di evaluasi. (4) Revisi produk pertama dan di validasi ke ahli permainan bolavoli. (5) Uji coba kelompok besar di evaluasi. (6) Revisi produk akhir di validasi ke ahli permainan bolavoli dan ahli media. (7) produk akhir, berupa  buku  pengembangan  model  variasi  serangan  pada  permainan  bolavoli yang di lengkapi gambar.

Penelitian  dilakukan  di  SMA  PGRI  Purwoharjo  Banyuwangi,  tinjauan para ahli terdiri dari 3 orang ahli yaitu: 2 ahli permainan bolavoli dan 1 ahli media. Subyek uji coba terdiri dari: (1) Uji coba kelompok kecil terdiri dari 6 siswa tim inti bolavoli SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi. (2) Uji coba kelompok besar terdiri dari 12 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi.

Hasil dari uji kelompok kecil di dapat presentase 86,80%. Dari uji coba kelompok besar di dapat presentase 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan berupa buku model variasi serangan permainan bolavoli dapat digunakan.

 

Kata Kunci: Variasi Serangan, Ekstrakurikuler Bolavoli

 

References

Borg, W, R dan Gall, M, D. 1983. Education Reseach: An Introduction.4thEd. London: Longman Inc.

Depdiknas. 2005. Kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Ma‟mun.A dan Subroto.T. 2001. Pendekatan keterampilan taktis dalam pembelajaran bolavoli:konsep dan metode pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Olahraga, Depdiknas

Marv Dunpy and Rod Wilde. 2000. Volleyball Today. Canada: Wadsworth

Suhadi dan Sujarwo. 2009. Vollyball for all. FIK UNY

Roesdiyanto dan Budiwanto, S. 2008. Dasar-dasar kepelatihan olahraga.Malang: Universitas Negeri Malang.

Published
2016-11-02
How to Cite
IrwantoE. (2016). PENGEMBANGAN MODEL VARIASI SERANGAN PERMAINAN BOLAVOLI PADA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI PUTRA DI SMA PGRI PURWOHARJO BANYUWANGI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 1(1). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/8