PENGEMBANGAN MEDIA GAWANG AYUN BADASPA DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SUGIHAN

  • Wahyu Bagus Santoso STKIP PGRI Trenggalek
  • Khamim Hariyadi STKIP PGRI Trenggalek
Keywords: Gawang Ayun Badaspa, Media, Pengembangan, Sepakbola, Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat  pengembangan media gawang ayun badaspa dalam pembelajaran sepak Bola di (MI) Sugihan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE yaitu: Analisis, desain, development, implemantasi, dan evaluasi sedangkan teknik analisa data menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V (MI) Sugihan sebanyak  47 siswa. Dari hasil uji kelompok kecil didapat hasil rerata presentase 80,1% (baik), sedangkan dari uji kelompok besar didapat hasil rerata presentase 83,8% (baik), dari hasil validasi produk ahli pembelajaran sepakbola 90,0% (baik), dari hasil validasi ahli media pembelajaran 82% (baik), dan dari hasil evaluasi guru penjasorkes 97% (baik). Hasil dari pengembangan media pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan didapat sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas V (MI) Sugihan adalah pengembangan media gawang ayun badaspa. Didapatkan kesimpulan bahwa pengembangan media gawang ayun badaspa dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk membantu kesulitan dalam pembelajaran sepakbola pada peserta didik kelas V (MI) Sugihan. Ini bisa dilihat dari 10 aspek yang muncul pada uji coba skala besar dan hasil evaluasi dari guru pendidikan olahraga dari 5 indikator yang muncul yaitu Indikator kesesuaian, kejelasan sajian, kemudahan akses, ketersediaan, berorientasi siswa dinyatakan baik.

References

Aji, S. (2016). Buku Olahraga Paling Lengkap(1st ed.). Pamulang: Ilmu Media.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik)(4th ed.). Jakarta: Rineke Cipta.

Branch, M. . (2009). Instructional Design: The ADDIE Aproach(1st ed.). New York: Springer.

Dwiyogo, W. . (203AD). Pengembangan Sumber Belajar dalam Pembelajaran(1st ed.). Malang: Wineka Media.

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Research and Development, 4(1), 1–18.

Fudin, M. . (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lari Jarak Pendek denganPendekatan Permainan Tani dan Kancil. Jurnal Bravo’s, 4(1), 27–40.

Hartariani, L. L., Putu, L., Damayanthi, E., Wirawan, I. M. A., & Sunarya, I. M. G. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa Penyandang Tunagrahita. Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 137–147.

Kristiyanti, N. (2016). Pengembangan Media Bolding ( Bola Bergelinding) Pada Mata Pelajaran IPS MAteri Kenampakan Alam, Sosial, dan Budaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding, 1–13. Semarang: UPGRIS.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga(1st ed.). Surabaya: Unesa University Press.

Pratama, H.G., Febrianto R, H. K. (2018). Profile of Physical Fitness Level of Students-High School Students in Trenggalek Regency Based on TKJI. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 7(3), 142–145.

Putra, R. E., & Fudin, M. S. (2019). Development of Football Bowling Game for Football Learning Approaches. Active Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 8(3), 143–147.

Putro, B. N., Kurniawan, A., Fudin, M. S., & Trenggalek, S. P. (2018). Pengembangan Buku Pedoman Man To Man Deffense Bola Basket Umtuk Pelatih. Sport Area, 3(2), 111–120.

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani(2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D(19th ed.). Bandung: Alfabeta.

Tri, C., &Saputra, P. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sepak Bola gawang Simpai Melalui Pendekatan Perkebunan pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Gadu Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati. Active: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(1), 824–831.

Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani(2013th ed.). Malang: UM Press.

Published
2020-04-20
How to Cite
Wahyu Bagus Santoso, & Khamim Hariyadi. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA GAWANG AYUN BADASPA DALAM PEMBELAJARAN SEPAKBOLA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) SUGIHAN. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 57-65. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.765