PENGEMBANGAN BOLA BANEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BOLA VOLI DI SDN 1 BULUAGUNG
Abstract
Permasalahan tersebut antara lain (1) banyak peserta didik pada saat melakukan passing bawah merasa lengannya sakit (2) kurangnya sarana dan prasarana. Berdasarkan dari latar belakang masalah dan pembatasan masalah yang diuraikan di atas maka penulis dapat merumuskan tujuan dalam penelitian ini yaitu “Apakah media bola voli yang dimodifikasi dengan Banel bisa dijadikan media pembelajaran bola voli bagi siswa SDN 1 Buluagung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan ini dilakukan melalui berbagai tahapan: pendahuluan analisis, desain, melakukan pengembangan produk, implementasi (penerapan), dan yang terakhir evaluasi produk. Subjek uji coba peserta didik SD Negeri 1 Buluagung kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Pada hasil uji coba kelompok kecil dengan 10 peserta hampir semua penilaian mendapat nilai kategori baik, hanya sebagian yang mendapat penilaian cukup karena mendapat nilai persentase 60 - 70%. Rata-rata penilaian hasil uji coba produk kelompok kecil sebesar 76%. Sedangkan untuk hasil uji coba kelompok besar dengan 25 peserta didik semua penilaian mendapat nilai kategori baik. Rata-rata penilaian hasil uji coba produk kelompok besar sebesar 87%.
References
Manan, Bachtiar. (2017). Penggunaan Media Modifikasi Bola Plastik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Dalam Bolavoli Pada Siswi Kelas VII di SMP Negeri 3 Pabuaran 2017. Seminar Nasional Pendidikan Sukabumi.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Malang: Kanisius.
Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Robert, Maribe Branch. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approac. New York: Springer.
Rosdiani, Dini. (2012). Model Pembelajaran langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Setiyono, Yudi. (2019). Pedoman Penyusun Penelitian. Trenggalek: STKIP PGRI Trenggalek.
Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta
Sulilowati. (2012). Penggunaan Bola Plastik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah pada Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Kalitorong. Skripsi. Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang.
Sunardi dan Kardiyanto, D.W. (2015). Bola Voli. Cetakan ke 1. Surakarta: UNS Press.
Wiarto. (2015). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani, Yogyakarta: Laksitas
Winarno, M. E. (2011). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press.
Yusmar, A. (2017). Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bolavoli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 143–152.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.