PENGEMBANGAN BOLA BANEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BOLA VOLI DI SDN 1 BULUAGUNG

  • Handri Khoirul Mustofa STKIP PGRI Trenggalek
  • Ardhi Kurniawan STKIP PGRI Trenggalek
Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran bola voli, Bola banel

Abstract

Permasalahan tersebut antara lain (1) banyak peserta didik pada saat melakukan passing bawah merasa lengannya sakit (2) kurangnya sarana dan prasarana. Berdasarkan dari latar belakang masalah dan pembatasan masalah yang diuraikan di atas maka penulis dapat merumuskan tujuan dalam penelitian ini yaitu “Apakah media bola voli yang dimodifikasi dengan Banel bisa dijadikan media pembelajaran bola voli bagi siswa SDN 1 Buluagung. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan ini dilakukan melalui berbagai tahapan: pendahuluan analisis, desain, melakukan pengembangan produk, implementasi (penerapan), dan yang terakhir evaluasi produk. Subjek uji coba peserta didik SD Negeri 1 Buluagung kelas IV yang berjumlah 25 siswa. Pada hasil uji coba kelompok kecil dengan 10 peserta hampir semua penilaian mendapat nilai kategori baik, hanya sebagian yang mendapat penilaian cukup karena mendapat nilai persentase 60 - 70%. Rata-rata penilaian hasil uji coba produk kelompok kecil sebesar 76%. Sedangkan untuk hasil uji coba kelompok besar dengan 25 peserta didik semua penilaian mendapat nilai kategori baik. Rata-rata penilaian hasil uji coba produk kelompok besar sebesar 87%.

References

Manan, Bachtiar. (2017). Penggunaan Media Modifikasi Bola Plastik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bawah Dalam Bolavoli Pada Siswi Kelas VII di SMP Negeri 3 Pabuaran 2017. Seminar Nasional Pendidikan Sukabumi.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Malang: Kanisius.

Rahayu, Ega Trisna. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Robert, Maribe Branch. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approac. New York: Springer.

Rosdiani, Dini. (2012). Model Pembelajaran langsung dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Setiyono, Yudi. (2019). Pedoman Penyusun Penelitian. Trenggalek: STKIP PGRI Trenggalek.

Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D Bandung: Alfabeta

Sulilowati. (2012). Penggunaan Bola Plastik dapat Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah pada Permainan Bola Voli pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Kalitorong. Skripsi. Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang.

Sunardi dan Kardiyanto, D.W. (2015). Bola Voli. Cetakan ke 1. Surakarta: UNS Press.

Wiarto. (2015). Media Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani, Yogyakarta: Laksitas

Winarno, M. E. (2011). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press.

Yusmar, A. (2017). Upaya Peningkatan Teknik Permainan Bolavoli Melalui Modifikasi Permainan Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kampar. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 143–152.

Published
2020-04-02
How to Cite
Handri Khoirul Mustofa, & Ardhi Kurniawan. (2020). PENGEMBANGAN BOLA BANEL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BOLA VOLI DI SDN 1 BULUAGUNG. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 1-5. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.763