PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGFU DAN TGT TERHADAP ACADEMIC LEARNING TIME

  • Denis Febryanto Tangahu pasca sarjana universitas negeri surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji: (1) Pengaruh model pembelajran TGfU terhadap Academic Learning Time materi bolabasket, (2) Pengaruh Model Pembelajaran TGT terhadap Academic Learning Time materi bolabasket, (3) Pengaruh model pembelajaran konvensional terhadap Academic Learning Time materi bolabasket. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian non randomized control group pretest-postest. Populasi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bangkalan, sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sampel 3 kelas (XI) dengan jumlah siswa 36. Dari ke 3 kelas tersebut diberikan perlakuan model pembelajaran TGfU di beri perlakuan model pembelajaran TGT, dan menggunakan model pembelajaran konvensional. Proses pengambilan data pretest dan postest dilakukan dengan mengukur academic learning time siswa menggunakan lembar observasi JWAB. Berdasarkan uji normalitas menggunakan levene test dari ketiga kelompok model konvensional, TGfU dan TGT terdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dilakukan pada ketiga kelompok sampel yang masing-masing kelompok terdiri dari 36 siswa, diperoleh hasil memiliki varian yang sama atau bersifat homogen. Langkah selanjutnya uji analisa one way anova menunjukkan bahwa  nilai rata-rata mean model pembelajaran TGT, TGfU, dan konvensional, ALT TGfU memiliki nilai mean diatas rata-rata dari kesluruhan kelompok, serta ALT kontrol memiliki mean paling kecil, serta ALT TGT memiliki nilai mean lebih tinggi dari ALT kontrol namun masih dibawah rata-rata seluruh kelompok.

References

Akhmad, 2016. Filosofi Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, http://fkip.unri.ac.id/wpcontent/uploads/2016/09/Bab-1-Filosofi-Pend idikan-Jasmani-Olahraga-dan-Kesehatan-1.pdf, Diakses 24-Januari-2017.
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013, malang : UMM press.
Dhermawan. A. (2017) Pendekatan Bermain/ Game Approach Dalam Pembelajaran. https://agroedupolitan.blogspot.co.id/2017/04/ pende katan-bermain-game-approach-dalam. html
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga, Unesa University Press.
Nurkholis. (2016) Meningkatkan Kecerdasan Emosi dan Itelegensi Siswa Melalui Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=55515&val=398&title=MEINGKATKAN%20KECERDASAN%20EMOSI%20DAN%20INTELIGENSI%20SISWA%20MELALUI%20PENINGKATAN%20KUALITAS%20PEMBELAJARAN%20PENDIDIKAN%20JASMANI, Diunduh 4-April-2017.
Paturusi, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Alfabeta CV.
Rosdiani. D. (2015). Kurikulum Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabeta CV.
Published
2019-12-16
How to Cite
Denis Febryanto Tangahu. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGFU DAN TGT TERHADAP ACADEMIC LEARNING TIME . Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 4(2), 28-35. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/745