PENGARUH METODE SIRCUIT TERHADAP DAYA TAHAN AEROBIK PADA SISWA DI SMA NEGERI 9 OGAN KOMERING ULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sircuit terhadap daya tahan aerobik pada siswa SMA Negeri 9 OKU. Populasi penelitin ini seluruh siswa SMA Negeri 9 OKU. Sampel penelitian ini siswa kelas X dan XI yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design quasy eksperimental bentuk one grup. Data diambil dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Hasil pretest diperoleh bleef test level tertinggi 15,01 dan bleef test level terendah 8,01 sedangkan hasil posstest diperoleh bleef test level tertinggi 16,12 dan bleef test level terendah 9,12. Hasil penelitian pada pretest di peroleh rata-rata 10,6962 dan hasil rata-rata posttest 13,2847. Hasil pretest dan posttest di dapati peningkatan perbedaan rata-rata 2,5885. Berdasarkan analisis penelitian didapat Thitung (24,942) dan Ttabel (2,045). Implikasi penelitian ini metode sircuit dapat meningkatkan daya tahan aerobik pada siswa SMA Negeri 9 OKU, dengan demikian penelitian ini berpengaruh pada daya tahan aerobik.
References
Gunawan, M.A. 2013. Statistik untuk Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Parama Publishing
Hidayat, S. 2014. Pelatihan Olahraga. Yogyakarta: Graha Ilmu
Iyakrus, 2012. Penerapan Closed Skill dan Open Skill dalam Latihan Sepak Takraw di Penjas FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan.2(1): 1-6.
Suharja, J.H. & Maryani, E. 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: PT. Masmedia Buana Pustaka.
Sukirno. 2012. Kesehatan Olahraga, Doping dan Kesegaran Jasmani. Palembang: Unsri Press.
Widiastuti. 2017. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olahraga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.