EVALUASI PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CIPP UNTUK MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA SERANG

  • Irwanto Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dalam belajar dan pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) di SMK N 2 Kota Serang Banten serta dapat menghasilkan rekomendasi bagi para pengambil keputusan untuk menindaklanjuti program pembelajaran yang telah berjalan di SMK N 2 Kota Serang Banten tersebut. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan menggunakan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket dan menggunakan model yang dikembangkan oleh Daniel Stufflebeam yaitu CIPP (context, input, process, and product). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel keseluruhan SMK N 2 Kota Serang Banten memperoleh persentase 84% dengan kriteria baik sekali. Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (Penjasorkes) di SMK N 2 Kota Serang Banten berada pada kriteria baik sekali, karena pembelajaran menggunakan teori dan praktik dengan perbandingan teori sebesar 30% dan praktik sebesar 80%. Dari hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (Penjasorkes) di SMK N 2 Kota Serang merupakan salah satu sekolah terbaik.

References

Annarino, AA., Cowell, CC., Hazelton, HW. (2000). Curriculum Theory and Design in Pliysical Education. London: The C.V. Mosby Company.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Renika Cipta.
Arikunto, S. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
E. Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Faisal, K. H. (2019). Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Jurnal Kejaora, Volume 4 Nomor 1, April 2019, ISSN 2541-5042. Prodi Pendidikan Olahraga, Universitas Muhammadiyah Jember.
Firmansyah, H. (2009). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmiah Dosen Pendidikan Jasmani. Volume 6, Nomor 1, April 2009. FIK UNY.
Giriwijoyo, H. Y. S. Santosa., Didik Zafar Sidik. (2012). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kusnanik, N. W., Nasution, J., & Hartono, S. (2011). Dasar-Dasar Fisiologi Olahraga. Unesa: University Press.
Leonard II, Wilbert Marcellus. (1998). A Social Perspective of Sport. Minneapolis Minnesota: Burgess Publishing Company.
Lutan, Rusli. (1998). Manusia dan Olahraga. Bandung: ITB Dan FPOK/ IKIP Bandung.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Nurhasan. (2011). Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Roji & Eva, Y. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA. Edisi Pertama. Jakarta: Litera.
Singer, R.N., Dick, W. (2001). Teaching Physical Education: A System Approach Boston: Houghton Mifflin Company.
Stufflebeam, Daniel L. dan Corin, Chris L.S. (2014). Evaluation Theory, Models, & Applications. San Fransisco: Jossey Bass.
Sudijandoko, A. (2008). “Evaluasi Pendidikan Jasmani dalam Pendekatan Portofolio”. Universitas Negeri Surabaya: Jurnal Pelangi Ilmu, Vol.2, No.2 Juli-Desember 2008. Diunduh pada tanggal 21 April 2015 dari http://pelangiilmu.jurnal.unesa.ac.id/.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Wawan S. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK UNY, 2001.
Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan Prinsip Dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sutrisno. (2005). Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Whitehead, M. The Concepts of Physical Literacy. (2001). The British Journal of Teaching Physical Education, Spring 2001.
Winarno, M. E. (2004). Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Center For Human Capacity Development.
Wuest, Deborah A. & Bucher, Charles A. (2006). Foundations of Physical Education and Sport. St. Louis, Missouri: Mosby-Year Book, Inc.
Zainal, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zeigler, Earle F. (2009). International and Comparative Physical Education and Sport. Canada: Trafford.
Published
2019-12-05
How to Cite
Irwanto. (2019). EVALUASI PROSES BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CIPP UNTUK MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 KOTA SERANG. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 4(2), 6-13. Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/656