Peningkatan Hasil Belajar Chest Pass Dengan Menggunakan Metode Bermain Triangle Pada Siswa Kelas VIII MTsN Banyuwangi
Abstract
Model penelitian action research merupakan model penelitian tindakan kelas yang bertujuan memberikan solusi dalam proses pembelajaran oleh guru terhadap siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (action research). Dalam penelitian ini terdapat empat tahapan penting yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Banyaknya siklus yang digunakan tergantung tindakan tersebut dianggap cukup atau belum pada permasalahan pembelajaran chest pass yang perlu dipecahkan. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Variabel dalam penelitian ini adalah metode bermain triangle dan teknik dasar bola basket yaitu chest pass. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII b MTsN 4 Banyuwangi tahun ajaran 2018/2019. Di awal pembelajaran menunjukan bahwa nilai akhir 70% yang masih dibawah KKM yang sudah ditentukan, sedangkan pada siklus 1 mengalami peningkatan dengan hasil akhir 75,57% dan untuk siklus 2 mengalami peningkatan dengan hasil akhir 80,63%. Adanya perbedaan pada awal pembelajaran karena tidak diberikan tindakan oleh peneliti sedangkan siklus 1 dan siklus 2 diberikan tindakan dengan menggunakan metode bermain triangle agar siswa tidak mengalami bosan saat pembelajaran berlangsung serta dapat mengeluarkan kemampuannya secara maksimal.
References
Abadi, A. N. (2015). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Melalui Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Dharma Bakti Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 1-16.
Christianto, B. A. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Kiri Bola Basket Melalui Metode Latihan Bagian (Studi pada Siswa Kelas XI IPA I SMAN 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2012-2013). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 311-313.
Fauzi, M. K. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Melalui Media Audiovisual. Jurnal Ilmu Olharaga, 60-68.
Fika, M. A. (2016). Pengembangan Model Latihan Passing Chest Pass Bola Basket pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket SMP N 1 Cepiring. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Hadi, Q. (2015). Pengaruh Lempar Tangkap Bola Terhadap Chest Pass Bola Basket di SMP Negeri 19 Pontianak. Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Indarto, J. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada Siswa Kelas VI SD Mumammadiyah 3 Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Insanistyo, B. (2017). Meningkatkan Keterampilan Lay up Permainan Bola Basket dengan Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievements Divisions (STAD) Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 28-34.
Junaidi, I. A. (2018). Peningkatan Keterampilan Chest Pass Bola Basket Melalui Metode Peer Teaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Olahraga. Jurnal Penjaskesrek, 37-44.
Muhamad, Y. D. (2017). Pengaruh Pendekatan Bermain Terhadap Aktivitas Gerak Siswa dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani, 131-134.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaraan dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 9-16.
Paramitha, S. T. (2018). Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 41-51.
Prakoso, D. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah3 Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Semarang: Univeristas Negeri Semarang.
Prakoso, T. A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bermain Bola Basket dengan PPS Melalui Metode Audiovisual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwungni Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Septiardri, P. (2012). Model Pembelajaran Bola Basket Melalalui Permainan Basket Drum dalam Pendidikan Jasmani pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Boja kecamatan Boja Kabupaten Kendal Tahun 2012/2013. Semarang: universitas Negeri Semarang.
Setiawan, R. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Prenggan Kotagede Yogyakarta: Nuha Medika.
Siswani, D. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube Banyumas. Jurnal Ilmiah Kependidikan.
Subowo, R. (2018). Upaya Meningkatkan Gerak Dasar Menyundul Pada Sepak Bola Menggunakan Modifikasi Alat Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Baradatu Kabupaten Way Kanan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Peningkatan Kemampuan Permainan Bola Basket dengan Metode Simulasi Siswa Kelas VI SDN 2 Sawahan Panggul. Jurnal Penjaskesrek, 62-69.
Sunhanji. (2014). Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran . Jurnal Kependidikan, 30-46.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.