Hubungan IMT dan Aktivitas Fisik dengan Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Sekolah Taruna SMK Negeri 2 Turen
DOI:
https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.6099Keywords:
Kebugaran Jasmani; Indeks Massa Tubuh; Aktivitas FisikAbstract
Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) bertujuan dalam peningkatan kualitas hidup melalui aktivitas fisik. Kebugaran jasmani yang mencakup kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, dan kesehatan jantung-paru, dipengaruhi oleh kebiasaan beraktivitas fisik secara berkala dan makan-makanan dengan gizi seimbang. Tujuan utama riset ini adalah untuk mengkaji keterkaitan antara IMT peserta didik dan aktivitas fisik terhadap tingkat kebugaran jasmani peserta didik di SMK Negeri 2 Turen. Pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan metode korelasional digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara IMT (X1) dan aktivitas fisik (X2) sebagai variabel independen bersama variabel dependen (Y). Instrumen yang dimanfaatkan adalah PAQ-A untuk aktivitas fisik, TKSI untuk kebugaran dan menggunakan antropometri untuk IMT. Temuan hasil penelitian mengindikasikan bahwasannya IMT dan aktivitas fisik peserta didik memiliki keterkaitan secara signifikan terhadap kebugaran jasmani peserta didik di SMK Negeri 2 Turen.
References
Agus, A., & Sepriadi. (2021). Manajemen Kebugaran. In Sukabina Press. Sukabina Press.
Anggraeni, R. (2016). Hubungan Status Gizi Dengan Tingkat Kebugaran Jasamani Siswa Putra Kelas II Di SMP Negeri 3 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Lampung.
Hidayat, A., & Suroto. (2016). Hubungan antara Status Gizi dan Aktivitas Fisik dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(02), 516–521.
Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.55081/joki.v1i1.297
Kemenkes. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak. 2507(February), 1–9.
Kowalski, Crocker, & Donen. (2004a). Kuesioner Aktivitas Fisik Global.
Kowalski, K. C., Crocker, P., & Donen, R. (2004b). The Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) and Adolescents (PAQ-A) Manual. College of Kinesiology, University of Saskatchewan, 87(August), 1–38.
M.E. Winarno. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Laboratorium Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Maharani, G. (2020). Hubungan Antara Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani (Vo2max) Siswa Kelas X Di Sman 1 Kretek Bantul Tahun Ajaran 2019/2020 (Vol. 2507, Issue February). Universitas Negeri Yogyakarta.
Mahastuti, F., Rahfiludin, Z., & Suroto. (2018). Hubungan Tingkat Kecukupan Gizi, Aktifitas Fisik dan Kadar Hemoglobin dengan Kebugaran Jasmani. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(1), 458–466.
Nurlan, F. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. CV. Pilar Nusantara.
Prasetyo, M. A., & Winarno, M. E. (2019). Hubungan Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa SMP. Sport Science and Health, 1(3), 138–142.
Pratama, D. A., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMA : Literature Review. 4(3), 238–249. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p238-249
Pratamalloh, H. B., Hariyanto, E., Januarto, O. B., & Wiguno, L. T. H. (2023). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Usia 10-12 Tahun Siswa Sekolah Dasar Se Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Sport Science and Health, 5(3), 278–289. https://doi.org/10.17977/um062v5i32023p278-289
Rahayu, S., Faza, R. U., Soegiyanto, & Setyawan, I. (2021). Olahraga Kebugaran. In A. A. Yaqin (Ed.), Analytical Biochemistry. LPPM Universitas Negeri Semarang.
Sari, Y. Y., Ulfani, D. P., Ramos, M., & Padli. (2024). PENTINGNYA PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA TERHADAP ANAK USIA SEKOLAH DASAR. JURNAL TUNAS PENDIDIKAN, 6(2).
Satin, P. M., Mandosir, Y. M., Irmanto, M., Susanto, I. H., & Kristanto, B. (2021). Hubungan Antara Status Gizi dan Aktivitas Fisik dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Pelajar SMA di Kota Jayapura. In Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK) (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–7). https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p1-7
Sidik, D. Z., Pesurnay, P. L., & Afari, L. (2019). Pelatihan kondisi fisik. Remaja Rosdakarya.
Sulistiono, A. A. (2014). Kebugaran Jasmani Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Barat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 223–233. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.140
World Health Organization (WHO). (2010). Global Recommendations On Physical Activity for Health. WHO Press.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amru Khoirir Rijal, M. E Winarno

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

.png)
.png)



.png)


.png)
