Pengembangan E-Modul untuk Pembelajaran Servis Bola Voli Kelas IX SMPN 3 Malang

Authors

  • Arif Ferdiansyah PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Rama Kurniawan PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Hertika Yusniawati SMPN 3 Malang

DOI:

https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5325

Keywords:

Pengembangan; E-modul; Bola Voli; Media

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengukur tingkat validitas dari produk e-modul untuk pembelajaran servis bola voli siswa kelas IX di SMPN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE oleh Branch yang mencakup 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Subjek penelitian adalah 42 siswa di SMPN 3 Malang. Produk ini telah divalidasi oleh validator ahli media, ahli pembelajaran, ahli materi, serta diujicobakan kepada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok besar mendapatkan nilai presentase sebesar 92%. Dengan demikian produk pengembangan e-modul dapat dikategorikan sangat valid dan bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran PJOK di SMPN 3 Malang. Produk pengembangan e-modul ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa kelas IX di SMPN 3 Malang dalam melaksanakan pembelajaran PJOK materi servis bola voli.

References

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Cipta Media.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arista, A., Arief, Z. A., & Herawati. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital (1st ed.). Widina Bhakti Persada.

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah Dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sejarah Criksetra, 11(1), 84–96.

Delita, F., Berutu, N., & Nofrion. (2022). Online Learning: the Effects of Using E-Modules on Self-Efficacy, Motivation and Learning Outcomes. Turkish Online Journal of Distance Education, 23(4), 0–3. https://doi.org/10.17718/tojde.1182760

Encarnacion, R. F. E., Galang, A. A. D., & Hallar, yron J. A. (2021). The Impact and Effectiveness of E-Learning on Teaching and Learning. International Journal of Computing Sciences Research, 5(1), 383–397. https://doi.org/10.25147/ijcsr.2017.001.1.47

Farhanah, F. A., & Amalia, S. R. (2024). Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Kemampuan Matematis Siswa. 11(1), 983–991.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction. In Qualitative Voices in Educational Research (7th ed.).

Istuningsih, W., Baedhowi, B., & Bayu Sangka, K. (2018). The Effectiveness of Scientific Approach Using E-Module Based on Learning Cycle 7E to Improve Students’ Learning Outcome. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 75–85. https://doi.org/10.24331/ijere.449313

Kurniawan, A. W. (2019). Multimedia-Based Learning Model for Gymnastics Skills. 7(Icssh 2018), 33–36. https://doi.org/10.2991/icssh-18.2019.8

Kurniawan, A. W., Surya, K. K. H., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 4, 81–94. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.831

Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914

Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007

Marom, I. A., Zhannisa, U. H., Suindriyo, & Wiyanto, A. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dengan Metode TaRL Dalam Pembelajaran PJOK di SMAN 8 Semarang. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(3), 427–433.

Nurkhoirini, R., Jayanti, A., Zhannisa, U. H., & Wibisana, M. I. N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Proses Pembelajaran PJOK. 14(4), 260–267.

Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 21–25. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13

Panjiantariksa, Y. (2024). Effectiveness of Using Video Tutorials in Physical Education Learning : Case Study at MA. Champions : Education Journal of Sport , Health , and RecreationRecreation, 2(3), 72–76.

Pili Cruz, J. J., Ricalde, A. M., & Closa, J. M. (2021). Module Development for Online Physical Education Classes: Teachers’ Perspective and Experiences. ACM International Conference Proceeding Series, 151–156. https://doi.org/10.1145/3450148.3450153

Priambodo, A., Kartiko, D. C., Ardha, M. A. Al, & Rohman, M. F. (2023). Application Of E-Module and Video Tutorials to Student Learning Motivation and Learning Effectiveness In Physical Education, Sports, And Health. JUARA : Jurnal Olahraga, 8(1), 138–148. https://doi.org/10.33222/juara.v8i1.2473

Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 2614–3275.

Wardani, W., Prayitno, B. A., & Mahardiani, L. (2025). Effectiveness of E-module Based on Problem Research Based Learning ( PRBL ) on Students ’ Science Process Skills. 11(1), 615–622. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i1.10007

Wijaya, J. E., & Vidianti, A. (2020). The Effectiveness of Using Interactive Electronic Modules on Student Learning Outcomes in Education Innovation Course. Atlantis Press, 422(Icope 2019), 86–89. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.096

Wijayanto, A., Siahaan, J., Tantri, A., Juditya, S., Bangun, S. Y., Ardha, M. A. Al, Sufitriyono, Salahuddin, M., Kurniawati, A., Mustafa, P. S., Kodrat, H., Dewi, R., Miskalena, Rozy, F., Akhmad, I., & Fitriady, G. (2022). Teknologi Metaverse Dalam Ilmu Keolahragaan. Akademia Pustaka.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Yazid, M. T. M., Sulong, W. M. W., Mustapha, N. F., & Jabar, M. A. A. (2023). Potensi e-Modul dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Era Globalisasi. Innovative Teaching and Learning Journal, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.11113/itlj.v7.97

Additional Files

Published

2025-11-03

How to Cite

Ferdiansyah, A., Kurniawan, R., & Yusniawati, H. (2025). Pengembangan E-Modul untuk Pembelajaran Servis Bola Voli Kelas IX SMPN 3 Malang. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(2), 180–188. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5325