Pengembangan E-Modul untuk Pembelajaran Servis Bola Voli Kelas IX SMPN 3 Malang
DOI:
https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.5325Keywords:
Pengembangan; E-modul; Bola Voli; MediaAbstract
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengukur tingkat validitas dari produk e-modul untuk pembelajaran servis bola voli siswa kelas IX di SMPN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE oleh Branch yang mencakup 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Subjek penelitian adalah 42 siswa di SMPN 3 Malang. Produk ini telah divalidasi oleh validator ahli media, ahli pembelajaran, ahli materi, serta diujicobakan kepada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok besar mendapatkan nilai presentase sebesar 92%. Dengan demikian produk pengembangan e-modul dapat dikategorikan sangat valid dan bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran PJOK di SMPN 3 Malang. Produk pengembangan e-modul ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa kelas IX di SMPN 3 Malang dalam melaksanakan pembelajaran PJOK materi servis bola voli.
References
Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Cipta Media.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Arista, A., Arief, Z. A., & Herawati. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Digital (1st ed.). Widina Bhakti Persada.
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Chairunisa, E. D., & Zamhari, A. (2022). Pengembangan E-Modul Strategi Pembelajaran Sejarah Dalam Upaya Peningkatan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sejarah Criksetra, 11(1), 84–96.
Delita, F., Berutu, N., & Nofrion. (2022). Online Learning: the Effects of Using E-Modules on Self-Efficacy, Motivation and Learning Outcomes. Turkish Online Journal of Distance Education, 23(4), 0–3. https://doi.org/10.17718/tojde.1182760
Encarnacion, R. F. E., Galang, A. A. D., & Hallar, yron J. A. (2021). The Impact and Effectiveness of E-Learning on Teaching and Learning. International Journal of Computing Sciences Research, 5(1), 383–397. https://doi.org/10.25147/ijcsr.2017.001.1.47
Farhanah, F. A., & Amalia, S. R. (2024). Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Terhadap Kemampuan Matematis Siswa. 11(1), 983–991.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction. In Qualitative Voices in Educational Research (7th ed.).
Istuningsih, W., Baedhowi, B., & Bayu Sangka, K. (2018). The Effectiveness of Scientific Approach Using E-Module Based on Learning Cycle 7E to Improve Students’ Learning Outcome. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 75–85. https://doi.org/10.24331/ijere.449313
Kurniawan, A. W. (2019). Multimedia-Based Learning Model for Gymnastics Skills. 7(Icssh 2018), 33–36. https://doi.org/10.2991/icssh-18.2019.8
Kurniawan, A. W., Surya, K. K. H., & Kurniawan, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Unsur Kelentukan Berbasis Multimedia Interaktif di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Patriot, 4, 81–94. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.831
Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Logan, R. M., Johnson, C. E., & Worsham, J. W. (2021). Development of an e-learning module to facilitate student learning and outcomes. Teaching and Learning in Nursing, 16(2), 139–142. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.10.007
Marom, I. A., Zhannisa, U. H., Suindriyo, & Wiyanto, A. (2024). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dengan Metode TaRL Dalam Pembelajaran PJOK di SMAN 8 Semarang. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(3), 427–433.
Nurkhoirini, R., Jayanti, A., Zhannisa, U. H., & Wibisana, M. I. N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Proses Pembelajaran PJOK. 14(4), 260–267.
Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan E-Modul Dengan Sistem Project Based Learning. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 21–25. https://doi.org/10.24036/javit.v1i1.13
Panjiantariksa, Y. (2024). Effectiveness of Using Video Tutorials in Physical Education Learning : Case Study at MA. Champions : Education Journal of Sport , Health , and RecreationRecreation, 2(3), 72–76.
Pili Cruz, J. J., Ricalde, A. M., & Closa, J. M. (2021). Module Development for Online Physical Education Classes: Teachers’ Perspective and Experiences. ACM International Conference Proceeding Series, 151–156. https://doi.org/10.1145/3450148.3450153
Priambodo, A., Kartiko, D. C., Ardha, M. A. Al, & Rohman, M. F. (2023). Application Of E-Module and Video Tutorials to Student Learning Motivation and Learning Effectiveness In Physical Education, Sports, And Health. JUARA : Jurnal Olahraga, 8(1), 138–148. https://doi.org/10.33222/juara.v8i1.2473
Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 2614–3275.
Wardani, W., Prayitno, B. A., & Mahardiani, L. (2025). Effectiveness of E-module Based on Problem Research Based Learning ( PRBL ) on Students ’ Science Process Skills. 11(1), 615–622. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i1.10007
Wijaya, J. E., & Vidianti, A. (2020). The Effectiveness of Using Interactive Electronic Modules on Student Learning Outcomes in Education Innovation Course. Atlantis Press, 422(Icope 2019), 86–89. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.096
Wijayanto, A., Siahaan, J., Tantri, A., Juditya, S., Bangun, S. Y., Ardha, M. A. Al, Sufitriyono, Salahuddin, M., Kurniawati, A., Mustafa, P. S., Kodrat, H., Dewi, R., Miskalena, Rozy, F., Akhmad, I., & Fitriady, G. (2022). Teknologi Metaverse Dalam Ilmu Keolahragaan. Akademia Pustaka.
Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
Yazid, M. T. M., Sulong, W. M. W., Mustapha, N. F., & Jabar, M. A. A. (2023). Potensi e-Modul dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Era Globalisasi. Innovative Teaching and Learning Journal, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.11113/itlj.v7.97
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Ferdiansyah, Rama Kurniawan, Hertika Yusniawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

.png)
.png)



.png)


.png)
