PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PASSING BOLA VOLI

  • I WAYAN KUSUMA JAYA Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I NYOMAN KANCA Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I GEDE SUWIWA Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) rancangan desain pengembangan video pembelajaran pada materi passing bola voli, (2) tanggapan ahli kependidikan tentang pengembangan video pembelajaran pada materi passing bola voli, (3) tanggapan siswa terhadap video pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Tahapan dari model ini meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap validasi, produk divalidasi melalui tinjauan oleh para ahli dan uji coba produk kepada siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuisioner.

Analisis data  yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi proses pengembangan media video pembelajaran dan kelayakan media video pembelajaran pada materi passing bola voli kelas X di SMK Negeri 1 Seririt. Kelayakan video pembelajaran diperoleh berdasarkan data dari angket yang kemudian di analisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversi ke dalam PAP konversi tingkat pencapaian dengan skala lima. Tinjauan ahli isi/materi mencapai 89% dengan kategori baik, tinjauan ahli desain pembelajaran mencapai 89% dengan kategori baik, tinjauan ahli media pembelajaran mencapai 96% dengan kategori sangat baik, validasi perorangan mencapai 91% dengan katagori sangat baik, validasi kelompok kecil mencapai 93,3% dengan katagori sangat baik, dan validasi kelompok besar mencanpai 93% dengan katagori sangat baik. Dari penelitian pengembangan video pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar yang efektif, efesien, serta memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran.

References

Abdullah, A dan Manadji, A. 1994. Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani. Jakarta: Direktorat jendral pendidikan tinggi.

Agung, A. A. Gede. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.

Cheppy Riyana. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Daryanto. (2010).Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Kurikulum 2006 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pedidikan Jasmani. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah dan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cita.

Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Sudjana dan Rivai. 2009. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syarifudin, Aip. (1997). Pokok-pokok Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.

Tegeh, I M. dan I M. Kirna. 2010. Laporan Penelitian Puslit. Pengembangan Bahan Ajar metode Penelitian Pengembangan Pendidikan Dengan ADDIE Model (Tidak diterbitkan). Singaraja: Undiksha.

Tim Penyusun, 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

Published
2016-11-07
How to Cite
JAYAI. W. K., KANCAI. N., & SUWIWAI. G. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI PASSING BOLA VOLI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 1(2). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/50