Pengaruh Latihan Sirkuit Training terhadap Kelincahan Ekstrakulikuler Futsal Tingkat SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efek dari latihan circuit training terhadap peningkatan kelincahan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tingkat SMA . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan melibatkan 15 atlet sebagai sampel. Instrumen kelincahan yang digunakan menggunakan tes Illinois Agility Run. Hasil penelitian menunjukkan bahwa circuit training memberikan pengaruh signifikan terhadap peningkatan kelincahan, dengan nilai hasil uji-t, didapatkan nilai thitung sebesar 5,842 dan ttabel sebesar 2,179 (dF = (n–1) = 14) dengan nilai signifikansi p sebesar 0,000. berdasarkan uji statistik paired sample t-test. Hal ini mengindikasikan bahwa circuit training dapat menjadi variasi latihan yang efektif dalam meningkatkan kelincahan. Berdasarkan analisis data, hasil dari latihan circuit training terhadap siswa SMA Negeri 1 Kedondong menunjukkan rata-rata nilai pretest adalah 68,21, nilai posttest adalah 85,32, selisihnya adalah 17,11, dan persentase peningkatannya mencapai 25,03%. Kesimpulan dari analisis data ini adalah bahwa circuit training memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kelincahan pada atlet yang melakukan aktivitas fisik.
References
Almy, M. A. mal, & Sukadiyanto, S. (2014). Perbedaan Pengaruh Circuit Training Dan Fartlek Training Terhadap Peningkatan Vo2Max Dan Indeks Massa Tubuh. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 59–68. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.2603
Amrullah, M. A., & Syafii, I. (2023). Pengaruh Latihan Circuit Training Terhadap Peningkatan Daya Tahan Aerobik Pemain Sepak Bola Remaja Ssb Bintang Utama Surabaya. JPO: Jurnal Prestasi Olahraga, 6(3), 136–144.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kajian Pustaka & Pembahasan. Jurnal Publikasi Pendidikan | Volume VI No 3 Oktober 2016 |157, VI(1), 156–167.
Bangun, S. Y. (2019). Peran pelatih olahraga ekstrakurikuler dalam mengembangkan bakat dan minat olahraga pada peserta didik. Jurnal Prestasi, 2(4).
Christy, B. E., Raharjo, S., Andiana, O., & Yunus, M. (2022). Pengaruh latihan circuit dan interval training terhadap peningkatan daya tahan vo2max pada anggota ekstrakurikuler bola basket SMK Negeri 3 Malang. Sport Science and Health, 4(10), 909–916.
Fatahillah, A. (2018). Hubungan Kelincahan dengan Kemampuan Dribbling pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 11–20. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.131
Fathurrohman, M. A., Subroto, T., & Rahmat, A. (2024). Efektivitas pembelajaran audiovisual terhadap teknik dasar permainan futsal di sekolah systematic literature review. Jurnal Porkes, 7(1), 303–311. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i1.25164
Hakim, A. L., Subandowo, M., & Rohman, U. (2020). Pengaruh Circuit Training Dan Interval Training Dalam Tes Kebugaran Jasmani Pada Ektrakurikuler Futsal Siswa Smp. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 86–95. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.847
Jamaludin, J., Hulfian, L., & Kusuma, L. S. W. (2023). Metode latihan sirkuit dan interval dapat meningkatkan kondisi fisik pemain futsal. Jurnal Porkes, 6(1), 279–291. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.16918
Jatra, R., Kumara, A. R., Wati, S. Z., Muhammad, Rinaldi, W., & Fernado, R. (2023). The effect of circuit training on improvement in futsal athletes: Literature review. Journal RESPECS (Research Physical Education and Sport), 5(1), 44–48. https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/respecs/article/view/3665%0Ahttps://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/respecs/article/download/3665/2391
Latif, M., Faozi, F., Bakhri, R. S., Harja, F., & Listiandi, A. D. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Minat Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Di Sman 1 Cikembar. Physical Activity Journal, 1(1), 82. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.2005
Mashud, & Karnadi, M. (2015). Optimalisasi Kelincahan Pemain Futsal Pra PON Kalimantan Selatan Melalui Latihan Ladder Drill. Jurnal Multilateral Universitas Lampung Mangkurat, 14(1), 44–53. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/multilateralpjkr/article/view/2469/2170
Mufadillah, Z. (2022). PENGARUH METODE CIRCUIT TRAINING TERHADAP KETEPATAN SHOOTING PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL MTSN 2 LAMPUNG. Jurnal SportIndo, 1(2), 1–2.
Muzaki, R., Maliki, O., & Kusuma, B. (2020). Latihan Sirkuit Terhadap Kecepatan Kelincahan dan Daya Tahan pada UKM Futsal Putra. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 48–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe
Nugraha, F., Cakrawijaya, M. H., Rusli, K., & Aminuddin. (2023). PENGARUH LATIHAN SIRKUIT ZIGZAG TERHADAP KELINCAHAN MENGGIRING BOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL. Indonesian Journal of Physical Activity, 3(2), 13–25. https://doi.org/10.59734/ijpa.v3i2.37
Purba, R. P., Pujianto, D., & Prabowo, A. (2022). Pengaruh Latihan Circuit Training Terhadap Daya Tahan Kardiovaskular Siswa Ekstrakurikuler Sepak Bola SMA Negeri 1 Kaur. Sport Gymnatics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(2), 156–169. https://doi.org/10.33369/gymnastics
Rahman, F. J. (2018). Peningkatan Daya Tahan, Kelincahan, dan Kecepatan pada Pemain Futsal: Studi Eksperimen Metode Circuit Training. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 264. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12466
Sholihamia, A. (2022). PENGARUH CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN AEROBIK PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL. Jurnal SportIndo, 2(2).
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.