Pelaksanaan Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmanai Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri Di-Tiga Kecamatan Kota Malang

Authors

  • Muhammad Iqbal Baihaqi Universitas Negeri Malang
  • Mu'arifin Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.4333

Keywords:

Pembelajaran; Pendidikan Jasmani; Waktu Pembelajaran

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia tidak lepas dari pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Selain itu, sebagai suatu integral yang mencakup aspek kognitif, psikomotorik, serta afektif dalam pendidikan secara keseluruhan. Hal tersebut, digunakan untuk membentuk karakter yang tangguh, profesional, terlatih serta meningkatkan kemampuan intelektual dan pembentuk moral guna menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju. Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga terdapat suatu kecenderungan yaitu durasi waktu belajar dalam satu kegiatan belajar mengajar atau disebut waktu belajar pendidikan jasmani. Maka daripada itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengkaji waktu belajar pendidikan jasmani kelas VIII SMP Negeri di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan instrumen pengamatan waktu mengajar dan juga data kualitatif wawancara sebagai data pendukung. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peserta didik lebih aktif dalam waktu belajar dengan materi permaian yakni sebesar 75,06% dibandingkan dengan materi non permainan sebesar 63,79%. Sedangkan rata-rata keaktifan peserta didik pada pembelajaran PJOK materi permaian sebesar 62,52% dan rata-rata keaktifan peserta didik dengan materi non permainan sebesar 53,51%. Dari hasil yang didapatkan akan diolah untuk mengetahui durasi waktu yang digunakan serta lebih jauh lagi akan dikembalikan kepada guru yang bersangkutan untuk menjadi bahan evaluasi mandiri dalam kegiatan belajar mengajarnya.

References

Adi, S. (2023). A new vision of learning frequency in physical education subjects contributes to improved self-concept, physical fitness, and academic achievement. Journal of Physical Education and Sport, 23(3), 658–664. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.03081

Ammah, A. (1998). Academic Learning Time in Physical Education in Ghana – A Descriptive Analytic Study. (Master’s Thesis, S. U. N. Y. College at Brockport).

Andiyanto, E., Simanjuntak, V. G., & Haetami, M. (2020). Efektifitas Waktu Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), 1–8.

Borchert, P., & Zellmer-Bruhn, D. M. (2010). Reproduced with permission of the copyright owner . Further reproduction prohibited without. Journal of Allergy and Clinical Immunology, 130(2), 556.

Coral, J., Urbiola, M., Sabaté, E., Bofill, J., Lleixà, T., & Vilà Baños, R. (2020). Does the teaching of physical education in a foreign language jeopardise children’s physical activity time? A pilot study. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 23(8), 839–854. https://doi.org/10.1080/13670050.2017.1407289

Derri, V., Emmanouilidou, K., Vassiliadou, O., Kioumourtzoglou, E., & Loza-Olave, E. (2007). Academic learning time in physical education (ALT-PE): is it related to fundamental movement skill acquisition and learning? (Tiempo de aprendizaje académico en educación física(ALT-PE): ¿tiene que ver con la adquisición y aprendizaje de habilidades motri. RICYDE. Revista Internacional de Ciencias Del Deporte, 3(6), 12–23. https://doi.org/10.5232/ricyde2007.00602

Ensign, J., Mays Woods, A., Kulinna, P. H., & McLoughlin, G. (2018). The teaching performance of first-year physical educators. Physical Education and Sport Pedagogy, 23(6), 592–608. https://doi.org/10.1080/17408989.2018.1485140

Fadilla, H., Ramadhan, A. H., Purnama, A., Bayani, N., Agil, S., & Nasution, I. (2023). Pengaruh Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran terhadap Kualitas Peserta Didik. SUBLIM: Jurnal Pendidikan, 02(01), 84–90.

Fauzi, M., & Winarno, M. E. (2023). Efektivitas waktu belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan tingkat SMP pada pembelajaran tatap muka terbatas. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(2), 84–96. https://doi.org/10.54284/jopi.v2i2.164

Fisher, C., Berliner, D., Filby, N., Marliave, R., Cahen, L., & Dishaw, M. (2015). Teaching behaviors, academic learning time, and student achievement: An overview. Journal of Classroom Interaction, 50(1), 6–24.

Gettinger, M., & Ball, C. (2014). Best practices in increasing academic engaged time. Best Practices in School Psychology V, 4, 1043–1057.

Kim, M., Xu, Q., Murray, D., & Cafrso, D. S. (2008). The Effectiveness of Teacher Behavior in Managing Academic Learning Time in Secondary Physical Education Classes in The Kingdom of Bahrain. Collage of Education, Qatar University, (12), 670–679.

Lessons, D. (2012). Academic Learning Time. SpringerReference. https://doi.org/10.1007/springerreference_302400

Mahendrayana, T., & Suroto. (2017). Efektifitas Pembelajaran Pjok Menggunakan Media Ban Pada Materi Lompat Jauh Gaya Jongkok (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Ponorogo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 743–751.

Mustafa, P. S., & Winarno, M. E. (2019). Penilaian Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Malang. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1364–1379.

Nadya Putri Mtd, Muhammad Ikhsan Butarbutar, Sri Apulina Br Sinulingga, Jelita Ramadhani Marpaung, & Rosa Marshanda Harahap. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722

Natividad-Sancho, L., Serradell, O., Flecha Fernández Sanmamed, A., & Garcia-Yeste, C. (2024). Review of the scientific literature on the impact of extending learning time with vulnerable groups. Children and Youth Services Review, 163(July). https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2024.107809

Novita, suci romadhona, Rama, K., & Arief, D. (2020). Investing the effect of Teaching Games fo Understanding (TGFU) models on motivation and academic learning time in physical education. Psikologi Pendidikan, 1(1), 25–32.

Parta, I. B. M. A., Kanca, I. N., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Survei Pelaksanaan Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3), 151. https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39171

Siedentop, D. (1991). Developing teaching skills in physical education. Mayfield Publishing Company.

Tsukaa, S., Keiji, U., & Tsujino Akira. (2015). Academic Learning Time in Elementary and Secondary Physical Education Classes. Sports Education Research, 4(2), 59–70.

Van Eerde, W. (2003). Procrastination at work and time management training. Journal of Psychology: Interdisciplinary and Applied, 137(5), 421–434. https://doi.org/10.1080/00223980309600625

Walker, R. (2023). Edith Cowan University. The Grants Register 2024, 470–472. https://doi.org/10.1057/978-1-349-96073-6_427

Yildrim, A. (2003). Analysis Of Academic Learning Time In Physical Education Classes Of Prospective and Inservice Teachers. Departement Of Physical Education And Sports Graduate School Of Middle East Technical University, December, 69.

Yulias, P. (2013). Efektivitas Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Untuk Kelas X Dengan Penggunaan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 17–23.

Additional Files

Published

2025-11-03

How to Cite

Baihaqi, M. I., & Mu’arifin. (2025). Pelaksanaan Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmanai Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri Di-Tiga Kecamatan Kota Malang. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 10(2), 224–230. https://doi.org/10.36526/kejaora.v10i2.4333