UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BOARDBALL PADA SISWA KELAS V SDN SAMBONGREJO 01 KECAMATAN GONDANG KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017

  • GAGARIN CAHYONO Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • RIZKI BURSTIANDO Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi Universitas Nusantara PGRI Kediri

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam kegiatan pembelajaran bola voli siswa sering mengalami sakit pada tangan saat melakukan passing bawah dikarenakan media yang digunakan tidak sesuai karakteristik siswa. Akibatnya suasana pembelajaran monoton. Hal tersebut nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah, yang pada akhirnya hasil belajarnyapun juga rendah.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah pendekatan bermain boardball dalam pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Sambongrejo 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Sambongreo 1. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, mnggunakan instrumen berupa RPP, lembar obsevasi aktivitas sisswa, lembar observasi aktivitas guru, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajaar siswa.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) bahwa hasil belajar passing bawah bola voli melalui pendekatan bermain boardball berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 70, melalui tindakan siklus  pembelajaran ini mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan model pembelajaran passing bawah bola voli melalui pendekatan bermain boardball dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu guru dalam pembelajaran passing bawah bola voli sebaiknya mengguakan media yang sesuai karakteristik siswa. (2)  Menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai materi. (3) Siswa sebaiknya memotivasi diri dalam belajar, agar mencapai hasil yang maksimal.

 

References

Adang Suherman 1994: 4. Tujuan belajar pendidikan jasmani (Online), tersedia http//research. Tujuan belajar pendidikan jasmani. Di unduh 5 januari 2016.

Depdiknas, 2003. Tujuan Pendidikan jasmani, (Online), tersedia: http://www.google.co.id Tujuan pendidikan jasmani. Diunduh 10 januari 2016.

Furqon Hidayatullah. 2008. Media Dan Alat Pembelajaran Penjas. (online). http://file.upi.edu/.../(PP)_MEDIA_DAN_ALAT_PEMBELAJARAN_PENJ.com Diunduh 7 januari 2016.

Kurikulum Permendikbud. 2013. Konsep gerak nonlokomotor . (Online) http://search.google Konsep gerak nonlokomotor fille.pdf.com di unduh 5 januari 2016.

Menpora. 1984. Pola Dasar Pembangunan Olahraga. (Online) tersedia: http://www.goggle.co.id pola dasar pembangunan olahraga. Diunduh 10 januari 2016.

Rusli Lutan. (1996). Hakikat dan Karakterstik Penjaskes, Depdikbud. Dikutp dari Buku Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. (Online). Tersedia 2008.http://File.upi.edu/.../Pembelajaran_Pendidikan_ Jasmani_di_Sekola Dasar.comdiunduh 5 juli 2016

Published
2017-01-04
How to Cite
CAHYONOG., & BURSTIANDOR. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BOARDBALL PADA SISWA KELAS V SDN SAMBONGREJO 01 KECAMATAN GONDANG KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN AJARAN 2016/2017. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 1(2). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/43