Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline dengan Tujuan Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa Kelas VII pada Pembelajaran Atletik Nomor Lari di SMP Negeri 1 Selong
Abstract
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menignkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selong terhadap pembelajaran atletik nomor lari menggunakan platform pembelajaran interaktif bentuk aplikasi articulate storyline. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model konseptual berdasarkan komponen-komponen model ADDIE yang meliputi analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil uji daya tarik platform pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline pada pembelajaran atletik nomor lari memperoleh rata-rata 83%. berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa aplikasi artuclate srotyline yang digunakan dalam pembelajaran atletik nomor lari dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Selong.
References
Adiyanti, M., Istyadji, M., & Hasan Basri Banjarmasin, B. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Pokok Bahasan Gerak Benda Untuk Peserta Didik SMP/MTs Development of Interactive Multimedia Using Articulate Storyline on Motion Topic for Students in SMP/MTs. In Jurnal Pendidikan Sains dan Terapan (JPST) (Vol. 2, Issue 1).
Alif. M, N., & Sudirjo. E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani.
Alnedral. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Kencana
Ardilla, M. W., Teguh, L., Wiguno, H., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. 3(4), 192–205.
Aslam, F. S., Heynoek, F. P., & Fitriady, G. (2022). Pengembangan Permainan Modifikasi Aktivitas Lari Jarak Pendek dalam Pembelajaran Atletik di SMK Negeri 1 Batu. Sport Science and Health, 4(3), 200–206.
Astuti. M., &, & Ismail. F. (2021). Studi Inovasi Dan Globalisasi Pendidikan Suatu Pendekatan Teoritis dan Riset.
Bağcı, H., & Pekşen, M. F. (2018). Investigating The Smart Phone Addictions Of Vocational School Students From Different Variables. Malaysian Online Journal of Educational Technology, 6(4), 40–52.
Darmawan, A. (2018). Development of interactive multimedia-based manipulative fundamental movement model for primary school students. International Journal of Physiology, Nutrition and Physical Education, 3(1), 526–53.
Dlis, G. F. , &, & Widiastuti. (2019). Effect of Interactive Multimedia Learning To Learn Skills of Students Sports Volleyball. Journal of Education, Health and Sport, 9(9), 263–270.
Huda. A., & Ardi. N. (2021). TEKNIK MULTIMEDIA DAN ANIMASI.
Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of learning media based on articulate storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80-85.
Kosasih. E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar.
Lestari, P., Harmono, S., & Atrup. (2021). Development of Online Learning Video Media Material for Short Distance Running (sprint) in Elementary School. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 13(3), 442–457.
Leztiyani, I. (2021). Optimalisasi penggunaan articulate storyline 3 dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 24-35.
Maesaroh, R. W., & Tijan. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbantuan Articulate Storyline 3. Cahya Ghani Recovery.
Nana. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN FISIKA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN POE2WE. In Lakeisha.
Nissa, A. D. A., Toyib, M., Sutarni, S., Akip, E., Kadir, S., & Solikin, A. (2021). Development of learning media using android-based articulate storyline software for teaching algebra in junior high school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1720, No. 1, p. 012011). IOP Publishing.
Nopiyanto, Y. E. , & R. S. (2020). Dasar-dasar Atletik. In Elmarkazi.
Olahraga, J., Cahyono, T. T., Resita, C., & Hidayat, A. S. (2021). Jurnal Patriot. 3, 314–328.
Rohmah, N., Sari, N., Yuli, T., Siswono, E., & Lukito, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ANDROID DEBIT AIR BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–11.
Setiaji, B., & Dinata, P. A. C. (2020). Analisis Kesiapan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika menggunakan E-Learning dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 59–70.
Sindu, I. G. P., Santyadiputra, G. S., & Permana, A. A. J. (2020). The effectiveness of the application of Articulate Storyline 3 learning object on student cognitive on Basic Computer System courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(3), 290-299.
Supriatna, U. (2021). Kompetensi Guru Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Online. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 214–221.
Suryadi, A. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran. CV Jejak.
Wiarto. (2015). Inovasi Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jasmani. Laksita.
Yuliansyah, A. R., Wiguno, L. T. H., Kurniawan, A. W., & Mu’arifin, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Dasar Lari Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(4), 180–191.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.