UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X-9 SMA NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan model siklus yang setiap siklusnya terdiri dari observasi serta refleksi. Dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam proses pembelajaran keterampilan passing bawah bola voli dikatakan berhasil karena dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto. Berdasarkan analisis pra siklus yang dilakukan saat observasi awal diketahui bahwa nilai ketuntasan siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto adalah 10 siswa yang tuntas dengan persentase 29% dan 25 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 71% dari total 35 siswa. Peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siklus 1 adalah 23 siswa yang tuntas dengan persentase 66% dan 12 siswa yang belum tuntas dengan presentase 34%. Pada siklus 2 juga terjadi peningkatanhasil belajar passing bawah bola voli yaitu 30 siswa dengan persentase 86% dan 5 orang yang masih belum tuntas dengan presentase 14%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan passing bawah bola voli pada siswa kelas X-9 SMA Negeri 1 Sooko Mojokerto.
References
Arikuto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Hakim, A. R. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 17–27. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/539
Marzuki, G. A., & Setyawan, A. (2023). Penerapan Metode Permainan Dalam Meningkatkan Teknik Passing Bawah Bola Voli Siswa Sekolah Dasar. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(2), 58–63. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i2.126
Mulyani, R., Djumhana, N., & Syaripudin, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 38–45.
Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126.
Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, III No. I(I), 1–12.
Pebriana, P. H. (2020). PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGT DI KELAS III SD NEGERI 18 LANGGINI BANGKINANG. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Robiyono, D. S., Yunus, M., & Sugiarto, D. (2023). Pengaruh Latihan Kekuatan Otot Lengan Dan Keseimbangan Terhadap Passing Bawah Atlet Bola Voli Putra Universitas Negeri Malang. Joker ( Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 2723–584.
Suardin, Hamiyani, & Fazila, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 4437–4446.
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Keaktivan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156. file:///C:/Users/hpdk1/Downloads/20543-43650-1-SM.pdf
Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.