PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMPN 2 PONOROGO DAN SMPN 1 BADEGAN, PONOROGO

  • Farah Nadiyah Yunivia Far’am Far’am Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Indahwati Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Wibowo Universitas Negeri Surabaya
  • Yuni Fitriyah Ningsih Ningsih Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kebugaran Jasmani; Ekstrakurikuler; Bolavoli

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan kebutuhan tubuh yang harus dimiliki oleh setiap orang. Mereka dapat dapat melakukan kegiatan setiap hari tanpa merasa lelah yang berlebihan. Pentingnya kebugaran jasmani bagi pelajar agar tetap bugar dan pelajar diharapkan dapat menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam tingkat kebugaran jasmani antara peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk non eksperimen dengan desain penelitian menggunakan komparatif. Sampel penelitian sebanyak 57 dan 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen Multistage Fitness Test (MFT). Teknik analisis yang digunakan yaitu uji t dengan taraf signifikan < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMPN  2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan yang dilihat berdasarkan nilai Asyimp. Sig. (2-tailed) sebesar (0.926 > 0.05). kesimpulan penelitin ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti esktrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan.

References

Aprilianto, M. V., & Fahrizqi, E. B. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Anggota Ukm Futsal Universitas Teknokrat Indonesia. Journal Of Physical Education, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.122
Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5), 218–234. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234
Fakoiria, E., & Andrijanto, D. (2022). Survei Kebugaran Jasmani Kelas X Teknik Pengelasan 1 SMK Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(3), 525–534. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/128
Fikri, A. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927
Idham, Z., Neldi, H., Komaini, A., Sin, T. H., & Damrah, D. (2022). Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Basicedu, 6(3), 4078–4089. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2196
Indahwati, N. (2023). Belajar Motorik Teori, Riset, dan Aplikasi (A. Maksum (ed.)). unesa university press.
Kusminto, P. T., & Wibowo, S. (2015). Perbedaan Tingkat ebugaran Jasmani antara aktivitas siswa yang bermukim di rumah dengan aktivitas siswa yang bermukim di pondok pesantren ( Pada Siswa Kelas VIII di MTs Attanwir Bojonegoro ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03(1), 110–114.
Maksum, A. (2018). Metodelogi Penelitian dalam olahraga. unesa university press.
Ngaga, E. J., Sulastri, E., Bukangdonu, F., Alip, I., Waw, K. ., & Hikmatiar, H. (2023). Efektivitas Ekstrakurikuler dan Dampak pada Prestasi. Buletin Edukasi Indonesia, 2(01), 24–32. https://doi.org/10.56741/bei.v2i01.254
Ningsih, Y. ., Utomo, A. ., & Arafat, H. . (2023). Analisis Serangan Permainan Bolavoli (Studi Pada Tim Putra Kabupaten Magetan, Kejurprov Bolavoli Junior Jawa Timur Tahun 2022). Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(1), 103–110. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i1.2704
Prastyawan, R. R., & Pulungan, K. A. (2022). Signifikansi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 185–193. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.55859
Rozi, F., Safitri, S. R., & Syukriadi, A. (2021). Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa pada Perkuliahan Pendidikan Jasmani IAIN Salatiga. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i1.121
Samsudin, S., & Rahman, H. A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran drill, bermain, dan kelincahan terhadap kemampuan passing dalam permainan bola voli. Jurnal Keolahragaan, 4(2), 207. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.10899
Sepdanius, E., Rifki, M. S., & Komaini, A. (2019). Tes dan Pengukuran Olahraga. Rajawali Pers.
Tramel, W., Lockie, R. G., Lindsay, K. G., & Dawes, J. J. (2019). Associations between absolute and relative lower body strength to measures of power and change of direction speed in division ii female volleyball players. Sports, 7(7). https://doi.org/10.3390/sports7070160
widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. jakarta:rajawali pers.
Yunitaningrum, W., Ali, R. ., Triansyah, A., Haetami, M., Hidasari, F. ., Simanjuntak, V. G., Atiq, A., Bafadal8, M. ., Suwanto, W., & Pranata, D. (2024). Jurnal PEDAMAS ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) Volume 2 , Nomor 1 , Januari 2024 ISSN : 2986-7819 Pendahuluan Kebugaran jasmani yang ada di sekolah mampu di dapat dengan maksimal melalui. 2(1), 183–187. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/128
Published
2024-06-23
How to Cite
Far’amF. N. Y. F., IndahwatiN. I., WibowoS. W., & NingsihY. F. N. (2024). PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMPN 2 PONOROGO DAN SMPN 1 BADEGAN, PONOROGO. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 9(1), 143-149. https://doi.org/10.36526/kejaora.v9i1.3702