PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMPN 2 PONOROGO DAN SMPN 1 BADEGAN, PONOROGO
Abstract
Kebugaran jasmani merupakan kebutuhan tubuh yang harus dimiliki oleh setiap orang. Mereka dapat dapat melakukan kegiatan setiap hari tanpa merasa lelah yang berlebihan. Pentingnya kebugaran jasmani bagi pelajar agar tetap bugar dan pelajar diharapkan dapat menjaga pola hidup sehat dengan berolahraga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan dalam tingkat kebugaran jasmani antara peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dalam bentuk non eksperimen dengan desain penelitian menggunakan komparatif. Sampel penelitian sebanyak 57 dan 54 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen Multistage Fitness Test (MFT). Teknik analisis yang digunakan yaitu uji t dengan taraf signifikan < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan yang dilihat berdasarkan nilai Asyimp. Sig. (2-tailed) sebesar (0.926 > 0.05). kesimpulan penelitin ini adalah tidak ada perbedaan tingkat kebugaran jasmani peserta didik yang mengikuti esktrakurikuler bolavoli di SMPN 2 Ponorogo dan SMPN 1 Badegan.
References
Arifandy, A., Hariyanto, E., & Wahyudi, U. (2021). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP. Sport Science and Health, 3(5), 218–234. https://doi.org/10.17977/um062v3i52021p218-234
Fakoiria, E., & Andrijanto, D. (2022). Survei Kebugaran Jasmani Kelas X Teknik Pengelasan 1 SMK Negeri 4 Bojonegoro. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 2(3), 525–534. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/128
Fikri, A. (2018). Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Dasar. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 1(2), 64–73. https://doi.org/10.31539/jpjo.v1i2.136
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927
Idham, Z., Neldi, H., Komaini, A., Sin, T. H., & Damrah, D. (2022). Pengaruh Kebugaran Jasmani, Status Gizi, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar PJOK. Jurnal Basicedu, 6(3), 4078–4089. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2196
Indahwati, N. (2023). Belajar Motorik Teori, Riset, dan Aplikasi (A. Maksum (ed.)). unesa university press.
Kusminto, P. T., & Wibowo, S. (2015). Perbedaan Tingkat ebugaran Jasmani antara aktivitas siswa yang bermukim di rumah dengan aktivitas siswa yang bermukim di pondok pesantren ( Pada Siswa Kelas VIII di MTs Attanwir Bojonegoro ). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03(1), 110–114.
Maksum, A. (2018). Metodelogi Penelitian dalam olahraga. unesa university press.
Ngaga, E. J., Sulastri, E., Bukangdonu, F., Alip, I., Waw, K. ., & Hikmatiar, H. (2023). Efektivitas Ekstrakurikuler dan Dampak pada Prestasi. Buletin Edukasi Indonesia, 2(01), 24–32. https://doi.org/10.56741/bei.v2i01.254
Ningsih, Y. ., Utomo, A. ., & Arafat, H. . (2023). Analisis Serangan Permainan Bolavoli (Studi Pada Tim Putra Kabupaten Magetan, Kejurprov Bolavoli Junior Jawa Timur Tahun 2022). Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(1), 103–110. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i1.2704
Prastyawan, R. R., & Pulungan, K. A. (2022). Signifikansi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 185–193. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i2.55859
Rozi, F., Safitri, S. R., & Syukriadi, A. (2021). Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa pada Perkuliahan Pendidikan Jasmani IAIN Salatiga. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 5(1), 13–18. https://doi.org/10.37730/edutrained.v5i1.121
Samsudin, S., & Rahman, H. A. (2016). Pengaruh metode pembelajaran drill, bermain, dan kelincahan terhadap kemampuan passing dalam permainan bola voli. Jurnal Keolahragaan, 4(2), 207. https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.10899
Sepdanius, E., Rifki, M. S., & Komaini, A. (2019). Tes dan Pengukuran Olahraga. Rajawali Pers.
Tramel, W., Lockie, R. G., Lindsay, K. G., & Dawes, J. J. (2019). Associations between absolute and relative lower body strength to measures of power and change of direction speed in division ii female volleyball players. Sports, 7(7). https://doi.org/10.3390/sports7070160
widiastuti. (2015). Tes dan Pengukuran Olahraga. jakarta:rajawali pers.
Yunitaningrum, W., Ali, R. ., Triansyah, A., Haetami, M., Hidasari, F. ., Simanjuntak, V. G., Atiq, A., Bafadal8, M. ., Suwanto, W., & Pranata, D. (2024). Jurnal PEDAMAS ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) Volume 2 , Nomor 1 , Januari 2024 ISSN : 2986-7819 Pendahuluan Kebugaran jasmani yang ada di sekolah mampu di dapat dengan maksimal melalui. 2(1), 183–187. https://ojs.berajah.com/index.php/go/article/view/128
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.