PENGEMBANGAN MATERI AJAR PERMAINAN BOLAVOLI FASE E DI MADRASAH ALIYAH NEGERI I BAUBAU DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (Asyik, Karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) PADA MATA PELAJARAN PJOK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan materi ajar pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dengan strategi pembelajaran AKTIF (Asyik, karakter, Terukur, Inovatif dan Fit) yang berbasis kurikulum merdeka pada fase E di Madrasah Aliyah Negeri 1 Baubau fokus pada permainan bola besar khusus di permianan bolavoli. Metode penelitian diarahkan pada peneltiian pengembangan yang merujuk pada tahapan peneltiian Borg dan Gall. Tahapan penelitian pengembangan meliputi identifikasi masalah, mendesain produk, validasi produk, ujicoba produk kelompok kecil, revisi, ujicoba kelompok sedang, revisi, ujicoba kelompok besar, revisi dan final produk materi ajar. Populasi adalah seluruh siswa MAN Baubau sedankgan sampel adalah 168 siswa kelas XII, instrumen pengumpulan data dan instrumen penelitian adalah angket yang dikembangkan untuk menilai materi ajar. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan sudah divalidasi oleh ahli dengan tingkat kelayakan 83,8% dan 91.3%. Hasil ujicoba kelompok kecil adalah 83.3% , hasil ujicoba kelompok sedang adalah 84.3% dan hasil uji kelompok besar adalah 91,3% sehingga dikatakan hasil penelitian menunjukkan produk materi ajar PJOK Fase E sudah selesai dan berhasil dikembangkan untuk siswa di MAN Baubau Pelajaran PJOK. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan materi ajar PJOK di MAN Baubau fase E dapat dikembangkan dan diterapkan untuk siswa pada pembelajaran dengan strategi PJOK AKTIF.
References
Alkindi, M. I., Dwi Pradipta, G., & Zhannisa, U. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Teaching Games for Understanding (TGfU) Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas XI di SMA N 2 slawi. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.53869/jpdm.v1i1.135
Amin, A., Muhyi, M., & Wiyarno, Y. (2021). Pengembangan Model Pemanasan Berbasis Permainan Kecil sebagai Pengantar Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Al Islam Krian Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 66–73.
Aruansah, A., Saifuddin, & Ifwandi. (2017). KENDALA SISWI MAN DARUSSALAM DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENJASORKES TAHUN AJARAN 2016/2017. Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 3(2).
Aryanata, I. W. Y., Jampel, I. N., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Media Video Pembelajaran Teknik Dasar Bermain Bola Voli Pada Pelajaran Penjaskes. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 186. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.27164
Asmanto, S., & Tuasikal, A. R. S. (2022). Pengaruh Pendekatan Bermain Terhadap Hasil Belajar Pjok. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 10(02), 111–117. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archivehttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani
Haryanto, A. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Bola Voli Untuk Siswa Sekolah Kejuruan. Jambura Journal of Sports Coaching, 3(1), 23–32.
Irwanto, E. (2016). Metode Pembelajaran Dan Modifikasi Bola Pada Proses Pembelajaran Bolavoli. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(2), 102–118.
Kelwarani, S., Anaktototy, J., & Latar, I. M. (2023). Survei Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pjok Pada Man 3 Seram Timur Kabupaten Seram Bagian Timur. MANGGUREBE: Journal Physical Education, Health and Recreation, 4(1), 18–27. https://doi.org/10.30598/manggurebevol4no1page20-31
Labib, L., & Muhyi, M. (2022). Teknik Dasar Bermain Bolavoli Berbasis Analisis Gerak. Akademia Pustaka: Tulungagung.
Labib, L., Muhyi, M., & Harwanto, H. (2021). Efectivitiy of Guidelines for Basic Motion Techniques for Volleyball Games with Biomechanics Analysis KINOVEA Application Based on Video Volleyball Games. Jp. Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 4(2), 290–302.
Laksana, A. A. N. P., Adnyana, I. W., Saputra, I. G. A. A., Pranata, I. K. Y., Kresnayadi, I. P. E., & Susila, G. H. A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Passing Bola Voli. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 141–149.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Olahraga Berbasis Blended Learning Untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(1), 133–144. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i1.1222
Mu’arifin, M., & Kurniawan, A. W. (2021). Konsep penelitian pengembangan dalam praktik pembelajaran pendidikan jasmani. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(2), 102. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i2.10587
Muhajir. (2022). Buku Guru Pembelajaran PJOK Berbasis Kurikulum Merdeka. Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta.
Muhammad, H. N., Wahono, B. S., Listiandi, A. D., & Budi, D. R. (2020). Bunga Rampai Strategi, Proses, Evaluasi, dan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada Era Pandemi Covid-19. Unesa University Press.
Muhyi, M., Prastyana, B. R., & Aisyah. (2021). Students’ Perceptions of PJOK-AKTIF Learning Strategy. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020), 542(Ancosh 2020), 274–277. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.063
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438.
Pratama, D., & Sari, Y. P. (2021). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN REMAJA. Edukasimu, 1(3).
Pratiwi, E. (2021). Buku ajar strategi pembelajaran pendidikan jasmani:: pedoman guru dalam mengajar penjas. Bening Media Publishing.
Qoulbi, G. A., & Alnedral, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran PJOK di Kelas XII SMA N 1 Batusangkar Dilihat dari Sudut Perencanaan, Proses, dan, Evaluasi. Jurnal Patriot, 2(1), 148–158.
Rufron, M., Muhyi, M., & Harwanto, H. (2021). Development of Teaching Materials for Volleyball Games through an PJOK AKTIF Approach (Fun, Character, Measurable, Innovation, and Fit). Jp.jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 5(1), 198–209. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v5i1.1709
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sulthoni, A. Y., & Hartoto, S. (2016). Penerapan Modifikasi Permainan Bolavoli Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi pada …. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan …, 04(02), 333–338. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/download/18801/17162
Tangkua, M. A., & Rahayu, T. (2015). PERAN DAN KEDUDUKAN PESERTA DIDIK DALAM PENYELENGGARAAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMA (Studi Exploratif Mengenai Eksistensi PJOK Dari Perspektif Peserta Didik). Jpes, 4(2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes
Zakiah, N., Sunarno, A., & Suprayitno, S. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Proses Pembelajaran PJOK pada Kurikulum 2013 di MAN se Kota Medan. Jurnal Pedagogik Olahraga, 7(1), 25–30.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.