PENGARUH MULTIMEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MAHASISWA FIKK UNESA
Abstract
Multimedia memiliki peran untuk meningkatkan hasil belajar sepakbola yang meliputi aspek pengetahuan maupun keterampilan. Penting bagi dosen untuk menerapkannya agar pembelajaran menjadi lebih variasi dan bermakna sehingga tidak menimbulkan kejenuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh multimedia pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar sepakbola. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu kuantitatif dalam bentuk eksperimen semu dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Sampel ini sebanyak 87 mahasiswa dengan penelitian dilakukan selama 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes hasil belajar pengetahuan dan keterampilan. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji t dengan taraf signifikan < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemanfaatan multimedia mampu memudahkan mahasiswa dalam menerima materi, waktu belajar menjadi fleksibel, tidak terbatas ruang dan akses yang cepat. Oleh karena itu, dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan multimedia pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar sepak bola mahasiswa FIKK Unesa. Diharapakan dosen dalam melaksanakan perkuliahan hendaknya menggunakan multimedia pembelajaran agar mahasiswa lebih semangat dan senang sehingga menimbulkan hasil belajar yang diharapkan.
References
Arimbawa, I. G. A. A., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. E-Journal PJKR, 8(2), 1–9.
Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11.
Dwiyogo, W. D., & Rodriguez, E. I. S. (2020). Blended Development Learning of Soccer Courses for Education in Physical Health and Recreation Students. 31(Ismophs 2019), 6–13. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.201203.002
Kaur, D. (2017). Application of computer in physical education and sports. Idpublications.Org, 4(3), 335–336.
Kavita, V. . S. J. P. ., & Tiwari, R. K. (2018). Use of Information Technology in Physical Education and Sport. International Journal in Multidisciplinary and Academic Research, 2(1), 2259–2260.
Kurniawan, Agung, & T. (2017). PENGEMBANGAN video pembelajaran teknik dasar sepak bola KONSEP QUANTUM learning. JURNAL Edutech, 5(2), 179–188.
Kusuma. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE SEPAK BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) DAN MEDIA AUDIO VISUAL I Dewa Made Aryananda Wijaya Kusuma Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Surabaya PENDAHULUAN Pendidikan mer. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(1), 73–86.
Lin, Y. W., Tseng, C. L., & Chiang, P. J. (2017). The effect of blended learning in mathematics course. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 741–770. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a
Maksum, A. (2018). Metodologi penelitian dalam olahraga (edisi kedua). Unesa University Press.
Mislan, & Santoso, D. A. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16.
Obiedat, R., Nasir Eddeen, L., Harfoushi, O., Koury, A., Al-Hamarsheh, M., & AlAssaf, N. (2014). Effect of blended-learning on academic achievement of students in the university of Jordan. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 9(2), 37–44. https://doi.org/10.3991/ijet.v9i2.3220
Paolini, A. (2015). Enhancing Teaching Effectiveness and Student Learning Outcomes. The Journal of Effective Teaching, 15(1), 20–33.
Rachmadtullah, R., Zulela, M. S., & Sumantri, M. S. (2018). Development of computer-based interactive multimedia: Study on learning in elementary education. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(4), 2035–2038. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.16384
Rahman, A., & I Nyoman, J. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 32. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.27049
Rodriquez, E. I. S., Dwiyogo, W. D., & Supriyadi, S. (2020). Blended Learning Matakuliah Sepakbola untuk Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 206. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13171
Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79.
Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. PT Alfabeta.
Syed Ali, S. K. bin. (2014). Teachers planning and preparation of teaching resources and materials in the implementation of Form 4 Physical Education curriculum for physical fitness strand. Turkish Journal of Sport and Exercise, 16(1), 67–67. https://doi.org/10.15314/tjse.201416165
Wichadee, S. (2017). A development of the blended learning model using edmodo for maximizing students’ oral proficiency and motivation. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 12(2), 137–154. https://doi.org/10.3991/ijet. v12i02.6324
Wijoyo, A. (2018). Pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan multi media. Jurnal Informastika Universitas Pamulang, 3(1), 46–55. Jurnal Informastika Universitas Pamulang, 3(1), 46–55.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.