SPORT EDUCATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD TINGKAT ATAS UNTUK MENDUKUNG KURIKULUM MERDEKA
Abstract
Tujuan penelitian ini ingin menguji pengaruh SE bulu tangkis terhadap motivasi belajar siswa SD tingkat atas, ingin mengetahui tingkat motivasi belajar siswa SD tingkat atas setelah menggunakan SE bulu tangkis secara keseluruhan, gender, dan usia, dan ingin mengetahui implementasi SE bulu tangkis yang terjadi di SD tingkat atas. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain one-shot case study. Partisipan di dalam penelitian ini adalah siswa kelas 6 SD di salah satu SD di Kabupaten Indramayu sebanyak 20 orang yang diambil menggunakan sampling jenuh dan satu orang guru penjas sebagai participant observation. Instrumen penelitian dengan menggunakan angket motivasi belajar dalam pendidikan jasmani siswa SD tingkat atas untuk siswa dan wawancara untuk guru. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif mencari rata-rata, simpangan baku, frekuensi, persentase, uji kecenderungan, one-sample t-test, dan deskripsi secara kualitatif. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh SE bulu tangkis terhadap motivasi belajar siswa SD tingkat atas, tingkat motivasi belajar siswa SD tingkat atas setelah menggunakan SE bulu tangkis secara keseluruhan cenderung berkategori baik, perbedaan motivasi belajar dari faktor gender dan usia tidak terlihat perbedaan yang berarti, dan implementasi SE bulu tangkis yang terjadi di SD tingkat atas memungkin adanya peran pelatih, pemain, wasit, dan publikasi untuk kesuksesan musim SE bulu tangkis. Sebisa mungkin SE digunakan dalam pembelajaran penjas sebagai pendukung Kurikulum Merdeka. Perlu penelitian lebih lanjut dengan menggunakan SE olahraga lain agar hasil dan temuan yang telah didapat akan lebih tergeneralisasikan.
References
Badan Standar, Kuriulum, D. A. P. K. R. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) Fase A – Fase F untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C. Kemendikbudristek.
Gil-arias, A., Harvey, S., Carceles, A., Praxedes, A., & Villar, F. Del. (2017). Impact of a hybrid TGfU-Sport Education unit on student motivation in physical education. PLoS ONE, 12(6), 1–17. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0179876
Ginanjar, A. (2019a). Implementasi Praktis Sport Education Model. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A. (2019b). Metode Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A. (2019c). Pengaruh Sport Education Model dan Tingkat Fundamental Movement Skill terhadap Aktivitas Fisik dan Kompetitif dalam Pendidikan Jasmani. Disertasi. Bandung: Pendidikan Olahraga SPs Universitas Pendidikan Indonesia.
Ginanjar, A. (2021). Statistika Terapan Dalam Pendidikan Jasmani & Olahraga: Aplikasi Microsoft Excel & SPSS. Deepublish.
Ginanjar, A. (2022). Implementasi Model-Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Perkembangan Penelitian Di Indonesia (1st ed.). Program Studi Pendidikan Jasmani dan Olahraga STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A., Kharisma, Y., Ramadhan, R., & Effendy, F. (2021). Mengetahui, Mengenal, Mempraktikkan, dan Merancang Sport Education Menggunakan Cabang Olahraga Bola Voli. Deepublish.
Ginanjar, A., Mubarok, M. Z., & Mudzakir, D. O. (2021a). “College Students” Motivation after Teaching Using Sport Education Season. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 9(4A), 1–7. https://doi.org/10.13189/saj.2021.091301
Ginanjar, A., Mubarok, M. Z., & Mudzakir, D. O. (2021b). Mengetahui, Mengenal, Mempraktikan, dan Merancang Sport Education Menggunakan Cabang Olahraga Futsal. Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi STKIP Nahdlatul Ulama Indramayu.
Ginanjar, A., Mubarok, M. Z., Mudzakir, D. O., Kharisma, Y., Ramadhan, R., Effendy, F., Setiawan, A., Oktriani, S., Agustin, N. M., & Bahri, S. (2022). Outcome Based Education Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka “Sejalankah Dengan Sport Education?” Seminar Nasional Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang 2022: Optimalisasi Pelaksanaan Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Melalui Merdeka Belajar, 1–12.
Ginanjar, A., Setiawan, A., & Carana. (2023). Analisis Pemahaman Peraturan Permainan Bola Tangan Pada Mahasiswa Setelah Menggunakan Sport Education. Jurnal Kependidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 10–16.
Hartono, R., Suherman, A., & Rusdiana, A. (2014). Pengaruh Model Sport Education Terhadap Motivasi Dan Intensitas Belajar Gerak Siswa Pada Penjasorkes. Edusentris, 1(3), 213. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i3.146
Hastie, P. A., Ward, J. K., & Brock, S. J. (2016). Effect of graded competition on student opportunities for participation and success rates during a season of Sport Education. Physical Education and Sport Pedagogy, 22(3), 316–327. https://doi.org/10.1080/17408989.2016.1203888
Hasyim, Ramadan, G., Putra, D. D., Okilanda, A., Mulayana, N., Hadiana, O., Fajar, M., & Iskandar, D. (2020). Sport Education Model: Improving Student Motivation in Physical Education. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 1421–1426. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I8/PR280155
Johan, D., & Agustan, B. (2017). Pengaruh Penerapan Sport Education Model (SEM) Terhadap Hasil Belajar Atletik Kids. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(1), 26–36. https://doi.org/10.33222/juara.v2i1.29
Keputusan Mendikbubristek No. 262/ M/ 2022. (2022). Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Kemendikbud.
Knowles, A., Wallhead, T., & Readdy, T. (2018). Exploring the Synergy between Sport Education and in-School Sport Participation. Journal of Teaching in Physical Education, 37(2), 113–122. https://doi.org/10.1123/jtpe.2017-0123
Mcmahon, E., & Macphail, A. (2007). Learning to teach sport education : The experiences of a pre-service teacher. European Physical Education Review, 13(2), 229–246. https://doi.org/10.1177/1356336X07076878
McPhail, A., Gorely, T., Kirk, D., & Kinchin, G. (2008). Children ’ s Experiences of Fun and Enjoyment During a Season of Sport Education. Research Quarterly for Exercise and Sport, 79(3), 344–355. https://doi.org/10.1080/02701367.2008.10599498
Mowling, C. M., Brock, S. J., & Hastie, P. A. (2006). Fourth grade students’ drawing interpretations of a sport education soccer unit. Journal of Teaching in Physical Education, 25(1), 9–35. https://doi.org/10.1123/jtpe.25.1.9
Nur, L., Ginanjar, A., Malik, A. A., & Pingon, L. (2021). Validity and Reliability of Elementary School Students’ Learning Motivation Instruments in Physical Education. Jurnal Maenpo:Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 11(2), 205–215. https://doi.org/10.35194/jm.v11i2.1843
Perlman, D. (2010). Change in Affect and Needs Satisfaction for Amotivated Students within the Sport Education Model. Journal of Teaching in Physical Education, 29, 433–445. https://doi.org/10.1123/jtpe.29.4.433
Perlman, D. (2011). Examination of self-determination within the sport education model Examination of Self-Determination within the Sport Education Model. 2(1), 79–92.
Perlman, D. (2012). The influence of the Sport Education Model on developing autonomous instruction. Physical Education and Sport Pedagogy, 17(5), 493–505. https://doi.org/10.1080/17408989.2011.594430
Perlman, D. (2014). Motivating the Student: Sport Education Can Be a Framework for Success. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 85(6), 12–16. https://doi.org/10.1080/07303084.2014.926845
Perlman, D., & Karp, G. G. (2010). A self-determined perspective of the Sport Education Model. Physical Education and Sport Pedagogy, 15(4), 401–418. https://doi.org/10.1080/17408980903535800
Pill, S. (2008). A Teachers’ Perceptions of the Sport Education Model as an Alternative for Upper Primary School Physical Education. ACHPER Australia Healthy Lifestyles Journal, 55(2), 23–29.
Siedentop, D., Hastie, P. A., & Mars, H. van der. (2011). Complete Guide to Sport Education. Human Kinetics.
Spittle, M., & Byrne, K. (2009). The influence of Sport Education on student motivation in physical education. Physical Education & Sport Pedagogy, 14(3), 253–266.
Wallhead, T. L., & Ntoumanis, N. (2004). Effects of a Sport Education Intervention on Students’ Motivational Responses in Physical Education. Journal of Teaching in Physical Education, 23(1), 4–18. https://doi.org/10.1123/jtpe.23.1.4
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.