TES KETERAMPILAN PASSING BOLA VOLI BAGI MAHASISWA SEMESTER I
Abstract
Kegiatan pembelajaran merupakan suatu proses pendidikan yang bersifat menyeluruh dengan melibatkan interaksi antara seorang pendidik dan peserta didik yang saling mempengaruhi melaksanakan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil keterampilan passing bola voli bagi mahasiswa semester I program studi PJKR-UKAW. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik tes keterampilan bola voli. Hasil penelitian tentang tingkat keterampilan passing bola voli bagi mahasiswa semester I Program Studi PJKR-UKAW berjumlah 79 orang mahasiswa terdiri dari 68 orang Laki-laki dan 11 orang perempuan maka diperoleh hasil pada item tes keterampilan passing bawah bola voli yaitu 30,4% (24 orang Mahasiswa) kategori Baik, 35,4% (28 orang Mahasiswa) kategori Cukup, 32,9% (26 orang Mahasiswa) kategori Kurang dan 1,3% (1 orang Mahasiswa) kategori Buruk. Hasil pada item tes keterampilan passing atas bola voli yaitu 51,9% (41 orang Mahasiswa) kategori Baik, 43,0% (34 orang Mahasiswa) kategori Cukup, 5,1% (4 orang Mahasiswa) kategori Kurang dan 0% (0 orang Mahasiswa) kategori Buruk. Hasil secara keseluruan untuk tingkat keterampilan passing bola voli bagi mahasiswa semester I Program Studi PJKR-UKAW adalah 27,8% (22 orang Mahasiswa) kategori Baik, 63,3% (50 orang Mahasiswa) kategori Cukup, 8,9% (7 orang Mahasiswa) kategori Kurang dan 0% (0 orang Mahasiswa) kategori Buruk.
References
Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Afifuddin. (2012). Pengantar administrasi pembangunan konsep, teori, dan implikasinya di era reformasi. Bandung: Alfabeta.
Akbar, K. B., Simbolon, M. E. M, & Saputra, A. (2022). Efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Riau Silip. Sport-Mu: Jurnal Pendidikan Olahraga,3(1), 1–10. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v3i1.9136
Arifin, Z. (2013). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja: Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian:Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Blegur, J., Rajagukguk, C. P. M., Sjioen, A. E. & Souisa, M. (2023). Innovation of analyticalthinking skills instrument for throwing and catching game activities for elementary school students. International Journal of Instruction, 16(1), 723–740. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16140a
Fenanlampir, A., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan pengukuran dalam olahraga. Yogyakarta: Andi Offset.
Ginting, S. D. (2022). Tingkat kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa sekolah dasar negeri di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga, 7(2), 172–183. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2155
Harisnur, F., & Suriana. (2022). Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar . Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440
Irfandi, M. R., & Hakim, L. (2020). Pengaruh reinforcement dan gaya belajar terhadap hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 97-101. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.1053
Irwanto.(2019). Evaluasi proses belajar dan pembelajaran dengan model CIPP untuk mata pelajaran Penjasorkes di sekolah menengah kejuruan negeri 2 Kota Serang. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga, 4(2), 6–13. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i2.656
Juniardi, A., & Redno, R. (2019). Upaya meningkatkan keterampilan passing atas bola voli dengan menggunakan permainan 3 On 3 pada kelas VII di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 18(1), 46–50. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6567
Karwati, E., Priansa, D. J., Somad, R., & Kasmanah, A. (2014). Manajemen kelas (classroom management): Guru profesional yang inspitatif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Lubis, A. E., & Agus, M. (2017). Peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 13(2), 58–64. https://doi.org/10.21831/jpji.v13i2.21028
Prasetyo, M. S., & Setiabudi, M. A. (2017). Peningkatan hail belajar passing menggunakan kaki bagian dalam pada pembelajaran sepakbola dengan media audio visual. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 2(2). Retrieved from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/129
Rajagukguk, C. P. M., Lumba, A. J. F., Loba, D., & Nope, F. E. (2022). Kesulitan guru melaksanakan pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di masa pandemi Covid-19. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 3(3), 155–162. https://doi.org/10.46838/spr.v3i3.235
Sanjaya,W. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia.
Souisa, M., Anaktototy, J., & Dwi, A. (2020). Kemampuan guru Penjasor menerapkan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran pada siswa kelas X SMAN 3 Salahutu. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani dan Olah Raga, 5(1),50–56. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.856
Sudjana, N. (2010). Cara belajar siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2011). Bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.