WAKTU PEMBELAJARAN AKADEMIK DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA PADA PENDIDIKAN JASMANI

  • Fekie Adila Universitas Riau
  • Agus Sulastio Universitas Riau
  • Kristi Agust Universitas Riau
  • Yanda Raudanta Universitas Riau
  • Ittaqwa Universitas Negeri Malang
Keywords: ALT-PE; Academic Achievement; Physical Education

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pada kurang efektifnya waktu belajar penjas dan terlalu banyaknya waktu yang terbuang pada waktu pembelajaran berlangsung, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan academic learning time-physical education (ALT-PE) dengan prestasi akademik siswa di SMP Negeri 4 Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 4 benai dengan menggunakn  teknik pengambilan sampel yaitu Total sampling yang berjumlah 95 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah ALT-PE Cooding dan Hasil Ujian Semaster Genap tatuhn 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya dan diurankan pada pembahasan, kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu “terdapat hubungan academic learning time-physical education (ALT-PE) dengan prestasi akademik siswa di SMP Negeri 4 Benai Kabupaten Kuantan Singingi” yaitu sebesar Fhitung = 12,999 > Ftabel = 1,246 pada α = 5%.

References

Agust, K., Suherman, A., & Nuryadi, N. (2019). Effectiveness of Teaching Physical Education on Junior High School in Indonesia. 11(Icsshpe 2018), 123–124. https://doi.org/10.2991/icsshpe-18.2019.35

Andiyanto, E., Simanjuntak, V. G., & Haetami, M. (2017). Efektifitas waktu belajar pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada peserta didik sekolah menengah atas. Jurnal Untan Pontianak, 1–8.

Arem, H., Moore, S. C., Patel, A., Hartge, P., Berrington De Gonzalez, A., Visvanathan, K., Campbell, P. T., Freedman, M., Weiderpass, E., Adami, H. O., Linet, M. S., Lee, I. M., & Matthews, C. E. (2015). Leisure time physical activity and mortality: A detailed pooled analysis of the dose-response relationship. JAMA Internal Medicine, 175(6), 959–967. https://doi.org/10.1001/jamainternmed.2015.0533

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.

Coral, J., Urbiola, M., Sabaté, E., Bofill, J., Lleixà, T., & Vilà Baños, R. (2020). Does the teaching of physical education in a foreign language jeopardise children’s physical activity time? A pilot study. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 23(8), 839–854. https://doi.org/10.1080/13670050.2017.1407289

Depdiknas. (2007). Kurikulum Teknologi Informasi dan Komunikasi. Balitbang.

Dwiyana, F., & Studi, P. (2016). Waktu Aktif Belajar Pada Mata Pelajaran. Jasmani, Pendidikan Dan, Kesehatan Olahraga, Departemen Pendidikan Pendidikan, Fakultas Dan, Olahraga Indonesia, Universitas Pendidikan.

Hamidah, S., Arifin, Y. F., Suhartono, E., Satriadi, T., & Burhanuddin, V. (2019). THE QUALITY OF “ BITTER HONEY ” FROM SUNGKAI FLOWER ( Peronema Canescens ) COMPARED WITH OTHER KINDS OF HONEY. 10(September), 17–25.

Hipjillah, A. (2015). Konsumsi Dan Prestasi Akademik. Jurnal Ilmiah, 88.

Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Abad 21. Jurnal Olahraga, 1(1), 21–27.

Kemendikbud RI. (2015). Kemendikbud RI Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan 2015 - 2019. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 51(2), 1–205. https://www.kemdikbud.go.id/main/tentang-kemdikbud/rencana-strategis-renstra

Moore, S. C., Lee, I. M., Weiderpass, E., Campbell, P. T., Sampson, J. N., Kitahara, C. M., Keadle, S. K., Arem, H., De Gonzalez, A. B., Hartge, P., Adami, H. O., Blair, C. K., Borch, K. B., Boyd, E., Check, D. P., Fournier, A., Freedman, N. D., Gunter, M., Johannson, M., … Patel, A. V. (2016). Association of leisure-time physical activity with risk of 26 types of cancer in 1.44 million adults. JAMA Internal Medicine, 176(6), 816–825. https://doi.org/10.1001/jamainternmed.2016.1548

Nasution, S. (2017). Variabel penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/182

Nugroho, K. A., Kristiyanto, A., & Doewes, M. (2018). Implementasi pendidikan jasmani dalam international primary curriculum. Jurnal Keolahragaan, 6(2), 110–119. https://doi.org/10.21831/jk.v0i0.21336

O’Donovan, G., Lee, I. M., Hamer, M., & Stamatakis, E. (2017). Association of “weekend warrior” and other leisure time physical activity patterns with risks for all-cause, cardiovascular disease, and cancer mortality. JAMA Internal Medicine, 177(3), 335–342. https://doi.org/10.1001/jamainternmed.2016.8014

Rustiawan, H., Risma, R., & Nursasih, I. D. (2020). Pembelajaran Direct Instruction dan Personalized System For Instruction Terhadap Jumlah Waktu Aktif Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 32. https://doi.org/10.25157/jkor.v6i1.4923

Samdal, G. B., Eide, G. E., Barth, T., Williams, G., & Meland, E. (2017). Effective behaviour change techniques for physical activity and healthy eating in overweight and obese adults; systematic review and meta-regression analyses. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0494-y

Santoso, H., Riyanto, P., & Haris, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Taeching) Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa. Biormatika, 4(02), 68–80.

Silverman, B. W. (1985). Some Aspects of the Spline Smoothing Approach to Non-Parametric Regression Curve Fitting. Journal of the Royal Statistical Society: Series B (Methodological), 47(1), 1–21. https://doi.org/10.1111/j.2517-6161.1985.tb01327.x

Stamper, J., Pardos, Z., Mavrikis, M., & Mclaren, B. M. (2014). EDM 2014 Educational Data Mining (Issue Edm).

Sugiarto, B. G. (2015). Pengaruh distribusi alokasi waktu pembelajaran pendidikan jasmani terhadap perilaku hidup aktif dan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. Motion, VI(1), 93–108.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, 6.

Suntoda, A. (2017). Upaya Meningkatkan Jumlah Waktu Aktif Belajar melalui Penerapan Pengajaran Peer Teaching dalam Pembelajaran Tennis. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 2(2), 106. https://doi.org/10.17509/jtikor.v2i2.7984

Suryaman, I. H. (2019). Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Soccer Like Games untuk Meningkatkan Jumlah Waktu Aktif Belajar Siswa. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i1.20492

Teck, K. K., Chee, W., John, K., Chunxiao, L., Kwang, T., & Steven, S. (2014). A Study on the Implementation Status of the Physical Education Syllabus 2014 in Singapore Schools. 21.

Trisna Rahayu, E. (2019). Meningkatkan Waktu Aktif Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Maenpo, 9(2), 83. https://doi.org/10.35194/jm.v9i2.910

Walker, R. (2019). A pilot study to improve academic learning time in physical education. The Grants Register 2020, 315–316.

Warwono. (2014). Passive and undisciplined behavior of students on the learning process implemented physical education is a frequent problem encountered by the teachers , especially for young teachers . In fact , an experienced teacher also still encounter students who ar. Jurnal Phederal Penjas, 8(1).

Published
2023-02-23
How to Cite
Fekie Adila, Agus Sulastio, Kristi Agust, Yanda Raudanta, & Ittaqwa. (2023). WAKTU PEMBELAJARAN AKADEMIK DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA PADA PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 8(1), 9-18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v8i1.2450