TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI DESA BAYAT KECAMATAN BELANTIKAN RAYA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran pendidikan jasmani Siswa SD Negeri di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya belum berjalan secara maksimal dikarenakan masih banyak siswa yang memiliki kebugaran jasmani yang rendah dan kurang bersungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani dan motivasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa putra dan putri yang duduk di kelas IV, V dan VI Sekolah Dasar Negeri di Desa Bayat Kecamatan Belantikan Raya yang berjumlah 122 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 orang. Teknik pengambilan data untuk tingkat kebugaran jasmani menggunakan TKJI untuk usia 10-12 tahun sedangkan data motivasi belajar diperoleh dari hasil kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil : 1) Tingkat kebugaran jasmani siswa SDN di desa bayat kecamatan belantikan raya sebagian besar berada pada kategori kurang sebanyak 53 anak ( 56,99 %), diikuti kategori cukup sebanyak 38 anak ( 40,86 %) dan sebanyak 2 anak berada pada kategori baik (2,15 %) dan tidak ada yang berada pada kategori baik sekali maupun kurang sekali. 2) Tingkat Motivasi belajar siswa SDN di desa bayat kecamatan belantikan raya sebanyak 66 siswa atau (71%) dalam kategori tinggi diikuti sebanyak 26 siswa atau (28%) dalam kategori sedang dan Sebanyak 1 siswa atau (1%) salam kategori rendah.
References
Ali, M., & Asrori. (2011). Psikologi Remaja - Perkembangan Peserta Didik (7th ed.). PT. Bumi Aksara.
Arikuto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Aris, S. (2016). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurukulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Atwi, Z., & Firdaus, K. (2020). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal JPDO, 3(1), 24–29.
Dirjen Dikdasmen. (2004). Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Direktorat Tenaga Kependidikan .
Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role Of Parents In Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74.
Lutan, R. (2002). Asas-asas Pendidikan Jasmani. Depdik.
Nosa, A. S., & Faruk, M. (2013). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani pada Pemain Persatuan Sepakbola Indonesia Lumajang. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(1).
Prayoga, G. E., & Susanto, I. H. (2020). Analisis Faktor Kebugaran Jasmani Atlet Floorball Unesa. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(1).
Riyoko, E., Rezeki, M. T., & Arafat, Y. (2019). Motivasi Siswa Sekolah Menengan Pertama dalam. 1(2), 91–95.
Sitompul, R. S., Astalini, A., & Alrizal, A. (2018). Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Mia Di Sman 9 Kota Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 22–31.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Pustaka Setia.
Suardana, A. A. P. C. P., & Simarmata, N. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 203–212.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.
Syah. (2003). Minat Belajar. Pustaka Belajar.
Wahyudi, A., & Bafirman. (2019). High School Student Physical Fitness Profile. International Journal of Kinesiology and Physical Education, 1(2), 1–8.
Weinberg, R. S., & Gould, D. (2015). Foundations of Sport and Exercise Psychology (6th ed). Human Kinetics.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.