ANALISIS ASPEK KOGNITIF PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEDAUNG BARAT
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana aspek kognitif pada pendidikan jasmani di kelas IV. Menggunakan metode deskriptif mengenai fenomena-fonomena di lingkungan sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru dan peserta didik, guru sebagai informan ke dua dalam permasalahan aspek kognitif pendidikan jasmani. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek kognitif pada pendidikan jasmani diawali dengan perencanaan dan pelaksanaanya. Pengimplementasian aspek kognitif pada pendidikan jasamani menggunakan metode yang dimiliki oleh guru salah sataunya melakukan kemampuan pengetahuan peserta didik sampai ke tingkat evaluasi. Aspek kognitif yang ditekankan pada pembelajaran pendidikan jasamni yaitu tidak saja menyangkut penguasaan pengetahuan faktual semata-mata, tetapi meliputi pula pemahaman terhadap gejala gerak dan prinsipnya. Masalahnya masih kurang minat dan motivasi.
References
Abubakar, R. (2021). pengantar metodologi penelitian.
Desmita. (2017). psikologi perkembangan peserta didik.
Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638
Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Tujuan Pembelajaran Penjas di SD. 8(2), 179–184.
Pambudi, Winarto, & Dwiyogo. (2019). perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehstan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 110.
Salasiah, Rahmadi, & Irianto, T. (2020). Instrumen Penilaian Harian Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 25–31.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&B. Alfabeta.
Sulaeman, A. (2017). metodologi penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, metode gabungan, studi kasus, etnografi konsep dan contoh metode penelitian.
Sulaiman. (2016). strategi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan sistem (p. 15). cv. swadaya manunggal.
Copyright (c) 2022 Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.