ANALISIS ASPEK KOGNITIF PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEDAUNG BARAT

  • Samsul Azhar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Siti Maemunah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Boy Dorahman Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Latifah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Septy Nurfadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Aspek, Kognitif, Pendidikan, Jasmani

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana aspek kognitif pada pendidikan jasmani di kelas IV. Menggunakan metode deskriptif mengenai fenomena-fonomena di lingkungan sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru dan peserta didik, guru sebagai informan ke dua dalam permasalahan aspek kognitif pendidikan jasmani. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aspek kognitif pada pendidikan jasmani diawali dengan perencanaan dan pelaksanaanya. Pengimplementasian aspek kognitif pada pendidikan jasamani menggunakan metode yang dimiliki oleh guru salah sataunya melakukan kemampuan pengetahuan peserta didik sampai ke tingkat evaluasi. Aspek kognitif yang ditekankan pada pembelajaran pendidikan jasamni yaitu tidak saja menyangkut penguasaan pengetahuan faktual semata-mata, tetapi meliputi pula pemahaman terhadap gejala gerak dan prinsipnya. Masalahnya masih kurang minat dan motivasi.

References

Abubakar, R. (2021). pengantar metodologi penelitian.

Desmita. (2017). psikologi perkembangan peserta didik.

Hanifah, H., Susanti, S., & Adji, A. S. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Manazhim, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i1.638

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Tujuan Pembelajaran Penjas di SD. 8(2), 179–184.

Pambudi, Winarto, & Dwiyogo. (2019). perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehstan. Jurnal Pendidikan Olahraga, Universitas Negeri Malang, 110.

Salasiah, Rahmadi, & Irianto, T. (2020). Instrumen Penilaian Harian Aspek Kognitif Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 25–31.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&B. Alfabeta.

Sulaeman, A. (2017). metodologi penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif, metode gabungan, studi kasus, etnografi konsep dan contoh metode penelitian.

Sulaiman. (2016). strategi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pendekatan sistem (p. 15). cv. swadaya manunggal.

Published
2022-11-24
How to Cite
Samsul Azhar, Siti Maemunah, Boy Dorahman, Nur Latifah, & Septy Nurfadhillah. (2022). ANALISIS ASPEK KOGNITIF PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEDAUNG BARAT. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 7(2), 144-148. https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2146