Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Meroda Dalam Senam Lantai Melalui Media Bola Gymnastic Pada Siswa Kelas VIII MTs Roudlotul Mutta’allimin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan gerak meroda dalam senam lantai melalui media bola gymnastic pada siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan subjek 24 siswa kelas VIII. Adapun desain penelitian ini menggunakan sistem siklus yang berisikan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian yaitu rubrik penilaian gerak meroda (aspek psikomotorik), lembar pengamatan PTK (aspek afektif) dan lembar aspek kognitif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dihitung dengan rumus untuk memperoleh hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini data awal diperoleh 7 siswa tuntas belajar dan 17 siswa tidak tuntas belajar. Pada perlakuan siklus pertama tahap perlakuan tindakan, siswa diberikan media bantu bola gymnastic sebagai alat pembelajaran meroda dan hasil belajar rata – rata dari subjek 24 siswa diperoleh hasil belajar sebanyak 74,8%. Hasil itu diperoleh dari akumulasi ketiga aspek: psikomotor, afektif dan kognitif. Pada perlakuan siklus kedua rata – rata dari subjek 24 siswa diperoleh hasil belajar sebanyak 80,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa pada penelitian tahap siklus kedua ada peningkatan hasil belajar dari subjek 24 siswa sebanyak 5,3%.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.